Lima berita ekonomi Sabtu (14/9) kemarin yang menarik minat pembaca masih layak disimak untuk hari ini Minggu.
Jakarta (ANTARA) - Lima berita ekonomi Sabtu (14/9) kemarin yang menarik minat pembaca masih layak disimak untuk hari ini Minggu. Seperti peningkatan penumpang kereta api dan kereta cepat Whoosh, peningkatan arus kendaraan, Munaslub Kadin Indonesia, serta optimisme pengembangan UMKM.
 
Berikut rangkuman beritanya:
 
KAI Daop 1: Penumpang hari ini naik 51 persen karena libur Maulid Nabi
 
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menyatakan bahwa volume penumpang berangkat pada Sabtu (14/9) melonjak 51 persen dibandingkan Sabtu pekan lalu karena libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah.
 
“Data menunjukkan bahwa pada hari ini, Sabtu, 14 September 2024, volume penumpang dari wilayah Daop 1 Jakarta mencapai 36 ribu orang,” kata Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Sabtu.
 
 
Anindya: Kadin ingin bekerja sama lebih baik dengan pemerintah
 
Anindya Bakrie, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, menyampaikan ingin bekerja sama lebih baik dengan pemerintah, baik pemerintahan Presiden Joko Widodo ataupun pemerintahan Prabowo-Gibran di masa mendatang.
 
Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin Indonesia 2024 pada Sabtu (14/9), di Hotel St Regis, Jakarta, menyepakati Anindya Bakrie menjadi Ketua Umum untuk periode selanjutnya.
 
 
H-3 libur Maulid, sebanyak 191 ribu kendaraan tinggalkan Jabotabek
 
PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 191.954 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 periode libur panjang Hari Maulid Nabi Muhammad SAW atau pada Jumat 13 September 2024.
 
"Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung). Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 19,27 persen jika dibandingkan lalin normal," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana di Jakarta, Sabtu.
 
 
KCIC: 75 ribu tiket Whoosh terjual selama periode libur Maulid Nabi
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyebutkan sebanyak 75 ribu tiket kereta cepat Whoosh telah terjual selama periode libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
 
"Saat ini tiket yang sudah terjual sudah mencapai sekitar 75 ribu tempat duduk untuk perjalanan tanggal 13 sampai dengan 16 September. Jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat penjualan tiket masih terus berlangsung,” kata Eva di Bandung, Jawa Barat, Sabtu.
 

Menkop optimistis Indonesia mampu jadi pusat industri home dekor dunia
 
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki meyakini Indonesia akan mampu menjadi yang utama sebagai industri dan produsen furnitur ditingkat global mengingat banyak potensi besar pada produk lokal di tanah air.
 
"Saya optimistis jika Indonesia bisa menjadi pusat home dekor dunia, berdasarkan data jika produk furniture dan kerajinan terakhir berhasil ekspor dengan nilai mencapai 3,5 miliar USD serta berhasil menyerap 143 ribu tenaga kerja pada 1.114 perusahaan," kata Teten dalam pembukaan pameran furnitur dan kerajinan IFFINA Indonesia Mebel & Design Expo pada 14-17 September 2024 di Tangerang, Sabtu.
 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024