Sport tourism itu cukup menarik buat wisatawan asing, dan tentunya tidak mengurangi esensi dari kebudayaan daerah kita
Batam (ANTARA) - Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Provinsi Kepulauan Riau berkomitmen menghadirkan acara kebudayaan sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Ketua DPD Asparnas Kepri Mulyadi Tan di Batam, Sabtu, mengatakan, selain melalui acara kebudayaan, wisata olahraga juga menjadi salah satu sektor yang bisa menggaet wisman ke Batam.

"Sport tourism itu cukup menarik buat wisatawan asing, dan tentunya tidak mengurangi esensi dari kebudayaan daerah kita," ujar Mulyadi.

Untuk mendukung hal tersebut, pihaknya turut bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah provinsi maupun kabupaten/ kota guna menghadirkan acara tahunan yang dapat memikat wisman.

"Ke depan akan kolaborasi untuk bagaimana bisa membuat dunia pariwisata kita lebih berwarna dan menarik. Tujuannya jelas untuk memajukan perekonomian daerah lewat pariwisata," kata dia.

Sementara itu, Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Kota Batam menyiapkan agenda wisata olahraga (sport tourism) guna menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke kotanya.

Ketua DPC Asparnas Kota Batam Andi mengatakan pihaknya juga telah mempersiapkan wisata olahraga pada bidang badminton.

"Kemarin sudah sempat menyampaikan ke kepala Disbudpar, mungkin lebih banyak ke sport tourism yang akan kami ke depankan. Pertama, mungkin badminton, sudah bahas juga dengan PBSI, kita lagi merancang untuk mendatangkan pemain-pemain dari negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Thailand," kata Andi.

Pihaknya juga menggaet agen perjalanan asal China melalui kerja sama dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kota Batam.

Ketua DPD Asparnas Batam Andi di Batam, Rabu, mengatakan, dengan terjalinnya kerja sama tersebut, ditargetkan akan ada hingga 2.000 turis China yang menyambangi Batam untuk berwisata.

"Kami menargetkan kedatangan wisatawan dari China mulai Oktober hingga November, dengan perkiraan jumlah mencapai 1.500 hingga 2.000 turis hingga akhir tahun ini," kata Andi.

Baca juga: Asparnas Batam gaet agen perjalanan guna tingkatkan kunjungan wisman
Baca juga: Perputaran uang pada Asparnas Fest Kepri 2023 capai Rp1,4 miliar

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024