Mayoritas pelanggan ACML adalah perusahaan FMCG
Jakarta (ANTARA) - PT Arrow Chain Management (ACM) Logistics memperkuat posisinya di industri logistik tanah air dengan mengantongi sertifikasi halal sebagai wujud kepatuhan perusahaan terhadap regulasi yang berlaku.

Corporate Secretary ACML Nur Hasanah mengatakan sertifikasi halal itu sebagai upaya memenuhi permintaan pelanggan, khususnya di bidang Fast Moving Consumer Goods (FMCG), yang membutuhkan pemberian jaminan keamanan kehalalan produk secara end-to-end di seluruh rantai pasok, tidak terkecuali proses distribusi produk.

"Mayoritas pelanggan ACML adalah perusahaan FMCG," kata Nur Hasanah dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Selain itu, kata dia, sertifikasi halal itu merupakan upaya ACM Logistics dalam memberikan jaminan kehalalan produk kepada mitra yang menggunakan jasa perusahaan, yang diharapkan berdampak pada kenyamanan umat Muslim dalam mengonsumsi produk.

Indonesia sendiri sebagai salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, memiliki potensi besar dalam mengembangkan bisnis produk dan jasa industri halal.

Sementara logistik halal merupakan proses penanganan arus bahan atau produk melalui rantai pasokan yang sesuai dengan standar halal sehingga bebas dari najis yang dapat mengontaminasi bahan/produk halal. Ruang lingkup di antaranya mencakup penyimpanan, pendistribusian, dan pengemasan.

Sertifikat halal bagi jasa logistik juga menjadi jaminan agar produk halal tetap terjaga kehalalannya selama proses transportasi, penyimpanan, dan distribusi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal, jasa logistik termasuk dalam salah satu jasa yang perlu disertifikasi halal sebelum 17 Oktober 2024 karena bersinggungan erat dengan proses distribusi produk seperti makanan, minuman, kosmetik, farmasi, dan lain-lain.

ACM Logistics merupakan perusahaan logistik yang menyediakan jasa pengiriman mikro distribusi yang sudah berdiri sejak 2014 untuk melayani pengiriman di wilayah Sadang, Bekasi, Jatiasih, Rangkas, Serpong, dan Tangerang untuk mendistribusikan kargo FMCG milik pelanggan perseroan, freight gorwarding, dan project cargo.

Baca juga: ACM Logistics anggarkan Rp20 miliar perkuat bisnis "cold chain"
Baca juga: Menhub tekankan efisiensi sektor logistik melalui investasi teknologi

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024