Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Jawa Barat (Jabar) dan Jakarta meraih medali emas nomor head to head (H2H) R4 pada cabang arung jeram Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung di Sungai Alas Ketambe, Aceh Tenggara, Sabtu.

Pada nomor ini, Jabar menguasai kategori putra. Sementara Jakarta menguasai kategori putri. Demikian hasil perlombaan yang diterima di Banda Aceh, Sabtu malam.

Jabar menambahkan perolehan emasnya setelah mengalahkan Aceh dalam babak final, dengan menyentuh finis terdepan dalam waktu 1 menit 46,52 detik. Sedangkan Aceh, yang mendapatkan medali perak, berhasil finis dalam waktu 1 menit 57,33 detik.

Adapun medali perunggu diraih Banten setelah mengungguli Sulawesi Utara dengan waktu tercepat 1 menit 49,45 detik, lebih cepat 10,34 detik dari lawan.

Kemudian pada kategori putri, Jakarta mencetak emas setelah berhadapan dengan Sumatera Utara dengan waktu tercepat mencapai finis, yakni 2 menit 07,72 detik. Dengan catatan waktu 2 menit 16,08 detik, Sumatera Utara hanya bisa membawa pulang medali perak.

Kalimantan Selatan mendapatkan medali perunggu setelah mengalahkan Yogyakarta yang sempat dijatuhi penalti. Setelah mendapatkan penalti, catatan waktu DIY menuju finis menjadi 3 menit 02,37 detik. Sementara Kalimantan Selatan menghasilkan waktu 2 menit 17,86 detik.

"Alhamdulillah kita bisa emas. Bermain di Sungai Alas itu kita harus push kuat, lalu kuncian jangan sampai lepas yakni start yang bagus dan putaran di boyan harus cepat. Strateginya, kita ambil boyan 3 dan 4 karena jaraknya dekat, untuk mendorongnya pun kita tidak terlalu capai,” kata Kapten Tim Jakarta Khaisya.

Sebelumnya pada Kamis (12/9) dan Jumat (13/9), perlombaan nomor down river race (DRR) kategori R6 dan R4 telah diselenggarakan. Pada DRR kategori R6, Aceh memperoleh medali emas untuk sektor putra, sementara Sumatera Utara menyabet emas sektor putri. Adapun DRR kategori R4 dimenangkan oleh Jawa Barat untuk sektor putra dan Sumatera Utara untuk sektor putri.

Dengan seluruh hasil pada cabang arung jeram, Sumatera Utara memimpin perolehan medali sementara dengan raihan dua emas, dua perak, dan satu perunggu.

Posisi kedua sementara ini ditempati oleh Jawa Barat dengan dua emas. Kemudian di tempat ketiga, Aceh mencatatkan satu emas dan dua perak. Disusul DKI Jakarta dengan capaian satu emas dan Jawa Timur dengan dua perak.

Pada Minggu, perlombaan H2H akan berlanjut pada pukul 10.00 WIB di tempat yang sama. Namun, kali ini kategori R6 yang akan dipertandingkan.

Pertandingan arung jeram akan berlanjut di venue Sungai Mamas yang dimulai pada Selasa (17/9) dengan nomor sprint R4 putri-putra dan R6 putri-putra.

Kemudian pada Rabu (18/9), nomor slalom R4 putri-putra akan dilombakan. Pertandingan berlanjut pada Kamis (19/9) pagi dengan nomor slalom R6 putri-putra dan akan diakhiri dengan upacara penghargaan pemenang.

Baca juga: Venue arung jeram PON XXI diselimuti keasrian hutan
Baca juga: Arung jeram PON XXI sempat ditunda 4,5 jam karena debit air naik
Baca juga: Tuan rumah PON XXI berbagi dua medali emas pertama arung jeram


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024