Medan (ANTARA) - Jawa Timur menutup perlombaan hari pertama cabang renang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara dengan medali emas nomor 4x200 meter gaya bebas estafet putri.

Dalam perlombaan di Kolam Renang Selayang, Medan, Sumatera Utara, Sabtu malam, kontingen yang identik dengan warna hijau itu menurunkan perenang terbaiknya seperti Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi, Partricia Yosita Hapsari, Ressa Kania Dewi, dan Adinda Larasati Dewi Kirana.

Mereka mencatatkan waktu tercepat 8 menit 26,88 detik yang sekaligus mempertajam rekor PON yang dicatatkan Jawa Timur pada nomor yang sama di PON 2021 Papua dengan 8 menit 28,94 detik.

“Hasil ini sekaligus pembuktian buat kami, karena di atas kertas sebelumnya mungkin DKI lebih diunggulkan. Kemenangan ini berarti ini karena bisa mematahkan prediksi,” ujar Patricia usai lomba.

Jawa Timur mengalahkan Jawa Barat yang meraih perak dengan catatan waktu 8 menit 33,50 detik. Bumi Pasundan menurunkan Nadia Asiha Nurazmi, Philomena Balinda Arkananta, Arqayla Najwari, dan Prada Hannan Farmadini.

Jakarta dengan komposisi Serenna Karmelita Muslim, Elysha Chole Pribadi, Angle Gabriella Yus, dan Adelia Chantika Aulia harus puas dengan perunggu usai membukukan 8 menit 35,84 detik.

Baca juga: Renang - Farrel dan Adelia pecahkan rekor PON 200m gaya punggung

Adapun dengan hasil ini, Jawa Timur menambah pundi-pundi medali emas pada hari pertama perlombaan renang menjadi dua keping.

Sebelumnya, Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi memastikan medali emas pada nomor 400m gaya bebas putri dengan catatan waktu 4 menit 23,17 detik. Pada nomor ini, Adinda Larasati juga menyumbang perak usai membukukan 4 menit 26,96 detik.

Berikut hasil lomba nomor 4x200 meter gaya bebas estafet putri PON 2024 di Kolam Renang Selayang, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (14/9/2024):

  1. Jawa Timur - 8 menit 26,88 detik
(Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi, Partricia Yosita Hapsari, Ressa Kania Dewi, Adinda Larasati Dewi Kirana)

  1. Jawa Barat - 8 menit 33,50 detik
(Nadia Asiha Nurazmi, Philomena Balinda Arkananta, Arqayla Najwari, Prada Hannan Farmadini)

  1. Jakarta - 8 menit 35,84 detik
(Serenna Karmelita Muslim, Elysha Chole Pribadi, Angle Gabriella Yus, Adelia Chantika Aulia)

  1. Jawa Tengah - 8 menit 42,77 detik
(Febriana Wahyu Wijayanti, Sagita Putri Kresdewanti, Fauziyyah Rahma Prastista, Hanna Christina Purnaninda)

  1. Bali - 8 menit 51,53 detik
(Desak Nyoman Shiva, Lilly Kartina Beales, Intan Putri Andhika Fenadi, Alegra Linette Sruy)

Baca juga: Jadwal lengkap cabang renang pada PON 2024

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024