kegiatan ini dapat memperkuat kesadaran publik mengenai pentingnya melawan krisis iklim
No Music On A Dead Planet Soro (ANTARA) - Trend Asia bersama Music Declares Emergency dan band lokal Pontianak LAS! berkolaborasi dalam program No Music on a Dead Planet, menggelar konser BabLAS Tour di Kabupaten Ketapang yang menyoroti isu krisis iklim di Kalbar.

"No Music On A Dead Planet, yang terdiri dari seniman dan pekerja musik Indonesia, termasuk band Pontianak, LAS!, terus menggemakan isu iklim dan lingkungan melalui karya seni dan aksi nyata," kata Vocalis dan Lead Gitar LAS!', Bob Gloriaus, di Ketapang, Sabtu.

Ia menjelaskan, konser ini merupakan bagian dari kampanye global Music Declares Emergency yang mulai melibatkan Indonesia sebagai negara Asia pertama pada tahun 2023, di mana melalui berbagai kegiatan, mereka berkomitmen mengangkat pentingnya aksi melawan perubahan iklim.

Bob mengatakan, di dalam kolektif tersebut, terlibat sejumlah musisi papan atas seperti Efek Rumah Kaca, Barasuara, Voice of Baceprot, serta LAS!, band asal Pontianak yang dikenal dengan gaya musik alternatif bercampur sentuhan folk Dayak. LAS! aktif mengkampanyekan isu sosial dan lingkungan, dengan penonton setia di Kalimantan Barat sebagai basis dukungan mereka.

Baca juga: Gelar konser “Pentas Rubik”, Dere suarakan isu lingkungan

Menurutnp dia, Kalimantan Barat, salah satu wilayah dengan hutan tropis terbesar di Indonesia, menjadi contoh suram dari dampak industrialisasi yang menghancurkan lingkungan.

Menurut data 2023, Kalimantan Barat mencatat deforestasi terparah di Indonesia, dengan hutan tropisnya dibuka untuk perkebunan kayu, sawit, serta industri pertambangan seperti bauksit.

Yang ironis, meski dilakukan atas nama "transisi energi hijau", kerusakan lingkungan di wilayah ini justru semakin meningkat. Pada 2023, sekitar 28 ribu hektare hutan alami digunduli untuk dijadikan perkebunan kayu monokultur, yang kemudian digunakan sebagai bahan biomass co-firing di pembangkit listrik tenaga uap batu bara.

Dampak kerusakan ini terus meluas, mengancam ekosistem dan keberlangsungan hidup masyarakat adat di wilayah tersebut.

Baca juga: Anak muda Maluku kampanye lingkungan melalui konser hip hop

Senada dengan Bob, Drumer LAS!, Diaz Miraz menambahkan, untuk menyuarakan bahaya perubahan iklim dan kerusakan lingkungan, LAS! merencanakan tur konser di tiga kota di Kalimantan Barat pada 5-21 September 2024.

Acara ini juga dirancang sebagai kunjungan terbuka bagi musisi dan media, dengan tujuan memberikan edukasi terkait perubahan iklim serta krisis lingkungan yang terjadi di Kalimantan Barat.

Selain konser, juga ada field trip ke lokasi-lokasi deforestasi dan kerusakan alam yang signifikan. Media dan musisi akan diperkenalkan kepada masyarakat adat yang terdampak oleh perusakan hutan, serta didampingi oleh Link-AR Borneo, organisasi advokasi lingkungan setempat.

"Diharapkan, kegiatan ini dapat memperkuat kesadaran publik mengenai pentingnya melawan krisis iklim," kata Diaz.

Di tempat yang sama, Juru Kampanye Energi, Trend Asia, Bayu Maulana Putra, mengatakan, lebih dari sekadar konser, LAS! dan kolektif No Music On A Dead Planet juga berupaya membangun kolaborasi dengan berbagai komunitas, mulai dari musisi, komunitas adat, media lokal, hingga kelompok buruh dan pekerja.

Mereka ingin memperkuat solidaritas dalam perjuangan melawan krisis iklim. Kolaborasi ini diharapkan terus berlanjut, bahkan di luar rangkaian acara, untuk mendukung aksi iklim yang lebih luas di masa mendatang.

Baca juga: M Festival di Bali tampilkan sederet musisi top bawa isu lingkungan
Baca juga: Java Jazz Festival 2022 usung kesadaran kelola sampah



 

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024