MURI meyakini bahwa ini adalah yang terbesar di dunia
Karawang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam kegiatan membentuk peta Karawang dari 1.800 nasi tumpeng.

Senior Manager Rekor MURI Triyono di Karawang, Sabtu mengatakan bahwa rekor nasi tumpeng sebelumnya diraih oleh Kabupaten Sukabumi, namun rekor itu ditumbangkan oleh Kabupaten Karawang.

"Hari ini Karawang mencetak rekor yang bukan hanya nasional saja. Tapi dunia. Karena belum pernah ada yang membentuk peta besar dengan nasi tumpeng sebanyak di Karawang," katanya.

Ia menyebutkan, sesuai dengan hasil verifikasi dan validasi data rekor, maka Karawang kini meraih rekor dunia yang membentuk peta besar menggunakan nasi tumpeng.

Baca juga: Produsen bumbu Sasa cetak rekor MURI untuk 20 ribu porsi nasi goreng
Baca juga: Nasi Timbel Terpanjang Diusulkan Masuk Rekor MURI


Berdasarkan verifikasi, katanya, tercatat bahwa peta Karawang yang dibentuk seluas 25x30 meter dengan menggunakan nasi tumpeng sebanyak 1.600 tumpeng itu masuk rekor terbesar di dunia.

"MURI meyakini bahwa ini adalah yang terbesar di dunia, jadi pada hari ini izinkan kami dari museum rekor dunia Indonesia akan memberikan piagam penghargaan rekor dunia untuk Pemkab Karawang,” katanya.

Bupati Karawang, Aep Syaepuloh menyampaikan rasa bahagianya atas pencapaian rekor dunia tersebut.

"Ini keberhasilan kita semua, masyarakat, pihak swasta dan pemerintah daerah," katanya.

Bupati mengatakan, setelah tercatat sebagai rekor dunia, nasi tumpeng dibagikan secara gratis untuk masyarakat.

Selain itu, ada banyak keberkahan yang didapat dalam pencatatan rekor ini, yakni membuat para pengusaha katering dan rumahan kebanjiran order.

"Saya tadi dapat laporan ada yang dari rumahan kedapatan 5-10 order nasi tumpeng. Ini artinya membantu perekonomian khususnya sektor UMKM," kata Bupati. 

Baca juga: Muslimat NU Trenggalek pecahkan rekor MURI sajian nasi gegok terbanyak
Baca juga: Cirebon pecahkan rekor makan nasi lengko terbanyak
Baca juga: Madiun pecahkan rekor dengan 16.825 nasi pecel pincuk

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024