Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Provinsi Bali menyabet tiga medali perunggu dan satu medali perak untuk cabang olahraga selancar ombak pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara.

Manajer Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Bali Wayan Maydy Pradana Putra di Banda Aceh, Sabtu, menjelaskan timnya mengalami beberapa tantangan dalam kompetisi itu.

Ia menjelaskan perubahan lokasi kompetisi menjadi salah satu penyebab timnya mengalami kendala merebut target medali emas.

“Ada perubahan venue. Kami persiapan dari awal di Bali selama dua bulan dengan kondisi reef break dan pada H-3 pertandingan, lokasinya berubah,” ucapnya.

Dia menjelaskan reef break terjadi ketika ombak pecah di atas karang sehingga menentukan karakter ombak yang lebih bagus.

Sedangkan jenis ombak di lokasi pertandingan, kata dia, memiliki jenis beach break atau ombak pecah di dasar yang berpasir.

Tantangan lain yang dihadapi, lanjut dia, terjadi badai yakni angin kencang yang mempengaruhi kinerja atlet yang berlaga di Babah Kuala Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

Baca juga: PSOI: Kondisi ombak sangat bagus meskipun angin muson barat
Baca juga: Selancar ombak - Dua peselancar Aceh amankan tiket ke babak semifinal


Sementara itu, medali perak diraih oleh I Made Darma Yasa yang turun pada nomor papan pendek putra dengan total skor 9,53 dengan lawannya adalah tuan rumah Aceh diwakili Dhanny Widianto dengan total skor 17.17.

Sedangkan tiga medali perunggu disumbangkan oleh Taina Angel Izquierdo yang turun pada nomor papan pendek putri dengan skor 7,07 yang harus mengakui lawan dari tuan rumah yakni Dhea Natasya Novitasari dari Aceh yang memperoleh skor 8.

Kemudian Lidia Kato dengan skor 6.20 yang turun pada nomor papan pendek putri, dikalahkan lawannya dari Jakarta yakni Jasmine Studer dengan skor 10.43.

Perunggu ketiga disumbangkan oleh Ivan Krisnadewa Sudena yang turun pada nomor papan panjang putra dengan mengantongi total skor 3,80 dan lawannya tuan rumah Aceh, Arip Nurhidayat mendapatkan skor 7,47.

“Kami merasa hasil ini kurang memuaskan karena target kami tiga emas,” katanya.

Sementara itu, perolehan medali kontingen Bali hingga Sabtu (14/9) pukul 20.30 WIB mencapai total 75 medali yakni 19 medali emas, 23 medali perak dan 33 medali perunggu.

Baca juga: Siswa dan guru di Aceh antusias saksikan langsung selancar ombak

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024