Jakarta (ANTARA) - Petenis Inggris Max Basing meraih gelar pertamanya pada seri ketiga Amman Mineral Mens World Tennis Championship, setelah menundukkan petenis Belgia Tibo Colson pada partai final tunggal.

Bertanding di Bali National Tennis Center, Nusa Dua, Sabtu, Basing mengalahkan unggulan kedelapan Colson lewat rubber set 6-3, 6-7(1), 6-4 dalam laga yang berlangsung selama dua setengah jam.

"Pertandingan yang sangat sulit. Saya sebenarnya punya banyak kesempatan untuk menyudahi di set kedua. Akan tetapi, Tibo bermain begitu ulet. Jadi, saya mesti bertahan sampai akhir dan betapa menyenangkannya aku bisa keluar sebagai juara," kata Basing dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Basing menunjukkan kapasitasnya pada final kejuaraan resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) level M25 itu dengan hanya membukukan satu double fault.

Petenis berusia 21 tahun itu menggagalkan 75 persen (6/8) percobaan break. Sebaliknya, ia berhasil mengkonversi empat dari 14 kesempatan break point

Perjuangan Basing pada ajang tersebut terbilang lancar. Urut dari babak pertama sampai semi final, Basing mengatasi petenis Taiwan Hong-lin Fu dengan 6-2, 6-3, kemudian petenis India Sidhart Rawat dengan 5-0 (ret), lalu unggulan keempat asal Swis Damien Wenger 6-1,1-6, 6-3.

"Ini tahun yang baik buat saya. Saya mendapatkan banyak pengalaman tanding di level kampus. Kembali mengikuti sirkuit profesional di Inggris dan di sini. Puas sekali rasanya bisa menutupnya dengan gelar juara," ujar Basing, peringkat 908 tunggal dunia.

Gelar ini mampu menuntaskan dahaga Basing akan gelar di Pulau Dewata. Dalam dua pekan pertama, ia selalu takluk dari unggulan pertama tiap seri.

Pada pekan pertama, ia harus puas berada di peringkat kedua usai takluk dari petenis Australia Omar Jasika. Pada pekan kedua, ia dihentikan kompatriotnya,Jay Clarke pada babak kedua.

"Saya akan beristirahat sebentar. Menikmati Bali untuk beberapa hari. Kemudian, saya akan kembali ke kampus di Stanford University, California (AS) untuk setahun ke depan. Semoga saya bisa kembali ke lapangan ini pada tahun depan," ujar Basing.

Ajang Amman Mineral Mens World Tennis Championship masih menyisakan satu seri kejuaraan berlevel M15, pada 16-21 September. Peringkat 343 tunggal dunia dari Negeri Kangguru Blake Ellis akan menjadi unggulan pertama seri penutup ini.

Baca juga: Tenis - Jawa Timur pasang pemain sesuai kebutuhan

Baca juga: Christo dapat dukungan penuh dari Jatim untuk tanding di luar negeri

Baca juga: Aldila ingatkan rekan-rekannya perjuangan mereka di PON masih panjang

Baca juga: Tenis - Aldila Sutjiadi harap permainannya jadi motivasi para junior


 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024