Jakarta (ANTARA) - Gerak Untuk Bumi (GUB) berkolaborasi dengan Yayasan Muda Peduli Bumi Lestari (YMPBL) menggelar kampanye jalan santai dan ngobrol bareng musisi Andre Hehanussa di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu.

Kampanye tersebut dilakukan sebagai rangkaian acara peringatan Hari Udara Bersih Internasional yang diperingati setiap tanggal 7 September.

"Kita kampanyekan udara bersih dengan tagline acara ini "Bosan udara kotor" tujuannya agar masyarakat mau peduli bahwa kami-kami ini bosan dengan udara kotor. Bukan hanya untuk kita orang dewasa, tapi juga generasi anak-anak kita," kata Koordinator Kampanye Rizal Jondi melalui keterangan tertulis yang diterima, Sabtu.

Dengan tagline "Bosan Udara Kotor" diharapkan kampanye ini bisa menyentuh hati masyarakat sehingga terhadap pentingnya udara yang bersih bagi kita sebagai penduduk bumi.

Baca juga: Kemenko: Pembatasan BBM subsidi bantu kelas menengah nikmati udara bersih

Baca juga: IDI dorong teknologi gapai udara bersih demi Indonesia Emas 2045


Kegiatan kampanye tersebut sudah teregistrasi di lembaga PBB UNEP yang bergerak dalam lingkungan hidup.

Pada kesempatan yang sama, Mussisi Andre Hehanussa mengatakan kegiatan kampanye tersebut sangat bagus, karena mengajak masyarakat peduli terhadap kenaikan indeks polusi di jam sibuk.

"Harapannya gerakan ini menjadi seperti bola salju yang berputar dari sedikit orang tapi akhirnya akan banyak orang yang terlibat dalam menyuarakan kampanye udara bersih ini," kata Andre.

Andre menegaskan bahwa peran pemerintah penting dalam hal ini, seperti inovasi dalam transportasi yang sudah mulai menggunakan energi terbarukan sudah tidak lagi memakai kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak.

Misalnya, menggalakan pemakaian kendaraan listrik seperti membuat regulasi yang bisa mempermudah masyarakat untuk bisa beralih ke kendaraan listrik.

Hal tersebut memang telah dilakukan oleh pemerintah dan harus terus menerus dan berkelanjutan.

Baca juga: Jalan kaki bisa kurangi produksi emisi

Baca juga: Kebijakan rendah karbon demi tercipta udara Jakarta yang lebih bersih

Baca juga: KLHK awasi UMKM demi ciptakan lingkungan sehat dan bersih

 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024