Banda Aceh (ANTARA) - Tim bisbol Jakarta menjaga tradisi perolehan emas dengan menjuarai enam edisi PON berturut-turut setelah mengalahkan tim Banten 7-5 dalam partai final Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di Lapangan Tugu Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, Sabtu.

Jakarta menjadi juara PON XVI 2004 di Sumatera Selatan, kemudian PON XVII 2008 di Kalimantan Timur, PON XVIII 2012 di Riau, PON XIX 2016 di Jawa Barat, PON XX 2021 di Papua dan kali ini PON XXI 2024 di Aceh-Sumut.

Laga yang berlangsung sengit tersebut menampilkan skor yang saling kejar antara kedua tim.

Pada inning pertama, skor berakhir seri 1-1, kemudian pada inning kedua, Jakarta unggul dengan menambah dua poin tanpa balas, sehingga menjadikan skor sementara 3-1.

Banten kemudian mengejar ketertinggalan pada inning kelima dengan skor menambah dua poin, setelah kedua tim tidak mencetak poin pada inning ketiga dan keempat, sehingga menjadikan skor 3-3.

Pada inning keenam, Jakarta kembali unggul dengan menambah tiga poin tanpa balas, lalu pada inning ketujuh Banten kembali menambah satu poin tanpa balas, sehingga menjadikan skor 6-4.

Jakarta berhasil mengunci kemenangan atas Banten 7-5, setelah skor seri 1-1 di inning ke delapan dan berhasil menahan imbang Banten 0-0 pada inning kesembilan.

Technical Delegate (TD) Yonathan Hibau L mengatakan pelaksanaan cabor baseball pada PON XXI Aceh - Sumut Tahun 2024 telah terlaksana dengan lancar dan aman.

Menurutnya secara umum 14 hari pelaksanan cabor baseball tersebut sukses dilaksanakan. Selain itu juga ditutup dengan pengalungan medali emas kepada tim DKI Jakarta oleh Pj. Gubernur Aceh, Dr Safrizal ZA.

Ia pun mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada para panitia lokal, petugas keamanan, tim kesehatan dan pihak terkait lainnya.

"Alhamdulilah, cabor baseball telah selesai kita laksanakan dengan tuntas. Dan kami berharap lapangan baseball tersebut dapat digunakan dengan baik, sehingga ke depannya akan lahir atlet baseball yang andal dari Aceh," pungkas dia.

Baca juga: TD bisbol ajak Pj. Gubernur Aceh nonton final PON

Baca juga: Bisbol - Jabar raih perunggu dengan taklukkan Lampung 10-7

Baca juga: Melaju ke final, mental pemain Jakarta jadi faktor vital


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024