Kursus ini untuk mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi global yang terus bergerak
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Sebanyak 400 pembina Gerakan Pramuka dari tingkat SD, SMP, SMA sederajat di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengikuti kursus orientasi pembina Pramuka dalam rangka meningkatkan kedisiplinan organisasi kepanduan.

"Orientasi Pembina Pramuka Kwarcab 0702 Rejang Lebong ini untuk menanamkan kedisiplinan yang tinggi, kemudian berani, setia dan berakhlaq mulia. Inilah wujud kepribadian Pramuka," kata Ketua Kwarcab Pramuka 0702 Rejang Lebong Rezza Pahklevie usai kegiatan orientasi yang dipusatkan di MTs Muhammadiyah Kecamatan Curup Timur, Sabtu.

Dia menjelaskan, kegiatan orientasi pembina Pramuka ini diikuti 400 orang peserta yang berasal dari SD, SMP, SMA sederajat yang berasal dari 15 kecamatan di Rejang Lebong.

Keberadaan gerakan Pramuka di Kabupaten Rejang Lebong, kata dia, sejak beberapa tahun belakangan sudah berkembang pesat karena mendapat dukungan penuh dari Pemkab Rejang Lebong.

"Kwarnas Pramuka telah memberikan penghargaan tertinggi yakni Dharma Bhakti 2024 kepada Bupati Rejang Lebong selaku Kamabicab, karena sejak tahun 2021-2024 telah diberikan dukungan dana untuk kelancaran kegiatan Pramuka," terangnya.

Baca juga: Sinergi BNN-Pramuka ciptakan generasi muda Lumajang bebas narkoba
Baca juga: Bupati: Jambore Daerah Pramuka bisa jadi ajang uji "publik speaking"


Sementara itu Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi saat membuka kursus Orientasi Pembina Pramuka Kwarcab 0702 Rejang Lebong menyatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu jenjang kursus yang diselenggarakan khusus anggota dewasa guna menyesuaikan dengan kemajuan jaman.

"Kursus ini untuk mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi global yang terus bergerak. Untuk pengetahuan dan kemahiran pembina perlu disesuaikan," tegasnya.

Dia menambahkan, dengan banyaknya perubahan dalam kemajuan jaman namun tidak boleh mengubah prinsip-prinsip dasar yang terkandung dalam Gerakan Pramuka. Perubahan hendaknya dijadikan penguatan nilai-nilai kepramukaan.

"Sebagai pembina, kakak kakak dituntut untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan, sehingga mampu memandu generasi muda dalam menyongsong Indonesia Emas 2045," ujar dia.

Kegiatan kursus Orientasi Pembina Pramuka Kwarcab 0702 Rejang Lebong yang diikuti 400 peserta itu dibuka oleh Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi dan dihadiri Ketua Pusdiklatda 07 Bengkulu Widiatnolo, Kadis Dikbud Rejang Lebong Noprianto, Ketua Kwarcab 0702 Rejang Lebong Rezza Pahlevie.

Baca juga: Waka Kwarnas kukuhkan Dubes Lutfi sebagai Kamabigus KBRI Kairo
Baca juga: Gorontalo bersiap jadi tuan rumah Peransaka Nasional 2025
Baca juga: Pemkab Bogor pecahkan 3 rekor MURI di puncak peringatan Hari Pramuka

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024