Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen anggar Jawa Tengah meraih medali emas nomor sabel beregu putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 selepas rangkaian pertandingan hari keempat di GOR Anggar Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu.

Emas sabel beregu putra diperoleh Jawa Tengah (Jateng) berkat kemenangan atas Jawa Barat (Jabar) dalam partai final yang berakhir dengan skor 45-36. Jateng sebetulnya sempat tertinggal dari Jabar di dua babak pertama, 4-5 dan 8-10.

Namun, pada babak ketiga hingga kesembilan, Jateng sukses mengejar ketertinggalan dan berbalik mengungguli Jabar. Muhammad Angga Maulana menjadi penutup kemenangan Jateng setelah mengalahkan M. Iqbal Jaelani Al-Qusyaeri di babak kesembilan.

Selain Angga, tim anggar Jateng diperkuat oleh atlet Yulian Muhammad Adhitama dan Ichwan Zulkarnain. Sedangkan Jabar, selain Iqbal, diperkuat oleh atlet anggar Marvin Tri Sakti dan Tivra Mikhael Simanjuntak.

Kesuksesan nomor sabel beregu putra menjadi emas kedua Jateng dari cabang olahraga anggar PON XXI, setelah sebelumnya Viston Bastian Kusuma Negara mengantongi emas melalui nomor degen perorangan putra pada Jumat (13/9) kemarin.

Baca juga: Anggar - Riau kumpulkan emas ketiganya lewat floret beregu putri
Baca juga: Anggar - Jateng sabet emas pertamanya nomor degen individu putra


Selain dua medali emas tersebut, kontingen anggar Jateng juga sudah memperoleh satu perak melalui Muhammad Angga Maulana dari nomor sabel perorangan putra dan satu perunggu lewat Kusuma Jasmine Supraba (degen perorangan putri).

Pada Sabtu di tempat yang sama juga berlangsung pertandingan untuk nomor floret beregu putri yang dimenangkan oleh kontingen Riau.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 mempertandingkan 12 nomor untuk putra dan putri. Nomor untuk kategori putra antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Begitu pula nomor untuk kategori putri antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI diikuti oleh 26 kontingen provinsi. Pertandingan anggar berlangsung pada 11-16 September 2024.

Pada Minggu (15/9), pertandingan untuk nomor floret beregu putra dan degen beregu putri akan berlangsung. Terakhir pada Senin (16/9), pertandingan anggar ditutup dengan degen beregu putra dan sabel beregu putri.

Baca juga: Sepak bola putra - Jabar ke semifinal, menang adu penalti atas Sumut
Baca juga: Aceh dampingi Jatim ke semifinal sepak takraw nomor tim ganda putri


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024