Deli Serdang (ANTARA) - Tim Voli putra Jawa Barat memetik kemenangan atas Kalimantan Timur dengan skor 3-1 (25-18, 25-17, 23-25 dan 25-22)  dalam pertandingan Pool B PON Aceh-Sumut 2024 di GOR Bola Voli indoor Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sabtu (14/9) petang.
 
Selanjutnya Jawa Barat akan berjumpa dengan DKI Jakarta untuk menentukan juara Pool B, Minggu (15/9) pukul 17.00 WIB, sedangkan Kaltim mendapatkan rest day serta sudah dipastikan lolos ke delapan besar dengan menempati peringkat ketiga.
 
Pada set pertama, Jabar mencoba untuk mendapatkan poin pertama melalui blok Farhan Halim, meskipun begitu Kaltim tidak tinggal diam dan dapat mengimbangi permainan Jasen Natanael Kilanta serta kolega.
 
Kaltim berupaya untuk setidaknya menyamakan skor, akan tetapi Jabar terus mendulang poin dan akhirnya mampu merebut set pertama dengan kedudukan 25-18.
 
Memasuki set kedua, Jabar langsung berinisiatif mencari poin dan sempat unggul 4-0, meskipun begitu, Kaltim tak tinggal diam lalu berhasil memangkas jarak.
 
Walau sempat memberikan perlawanan, Jabar tetap tampil dominan dan sempat unggul lima angka pada kedudukan 11-5 dan Kaltim sempat mengubah skor menjadi 7-11.
 
Selanjutnya Jabar terus mendominasi permainan, sementara Kaltim hanya sesekali menciptakan poin sehingga tim Bumi Pasundan dapat menutup set kedua dengan kemenangan 25-17.
 
Set ketiga dibuka dengan kegagalan serve dari Jabar yang dilakukan oleh Reihan, sehingga poin pertama dapat diamankan oleh Kaltim.
 
Jabar tercatat melakukan tiga kali kegagalan melakukan serve sehingga Kaltim mampu mengungguli Farhan Halim serta kolega dengan skor tipis 7-6.
 
Kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan oleh Jabar membuat Kaltim mampu unggul hingga skor 12-8 dan memaksa pelatih Samsul Jais melakukan time-out pertamanya pada set ini.
 
Perlahan Jabar mampu mengejar ketertinggalannya dan mampu membalikkan keadaan ketika unggul 20-19 atas Kaltim. Walaupun begitu, set ketiga tetap menjadi milik Kaltim setelah menang dengan skor 25-23. Secara keseluruhan kedudukan menjadi 2-1 untuk keunggulan Jabar.
 
Pada set keempat, kedua tim tetap menunjukkan penampilan terbaik mereka dan terjadi perebutan angka dari duel-duel yang sengit dan Jabar dapat unggul 11-6 yang memaksa Kaltim melakukan time-out.
 
Time-out dari Kaltim sempat membuahkan hasil karena dapat memangkas jarak, dan sempat terjadi kejar-kejaran poin hingga skor 23-22, namun akhirnya Jabar dapat mengunci set keempat dengan kedudukan 25-22. Kedudukan akhir dari pertandingan ini adalah 3-1 untuk kemenangan Jabar.

Baca juga: Bola Voli - putri Jabar torehkan tiga kemenangan beruntun

Baca juga: PB PON berkomitmen lakukan upaya maksimal atasi masalah venue di Sumut

Baca juga: Bola Voli - Tim putra Jakarta masih sempurna

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024