bantuan mobil dapur umum yang lengkap dengan bahan bakunya tersebut bisa mencukupi kebutuhan dasar ratusan warga korban banjir
Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan satu unit mobil dapur umum
untuk memenuhi kebutuhan makanan korban banjir dan memperkuat kemampuan ​​​​​Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat mengatasi bencana susulan.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam laporannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan bahwa penyaluran bantuan mobil dapur umum itu sudah sesuai syarat administrasi. Salah satunya diikuti dengan permohonan dan ditetapkannya status darurat bencana banjir dari Pemerintah Kabupaten Sanggau.

"Kami berharap melalui bantuan mobil dapur umum yang lengkap dengan bahan bakunya tersebut bisa mencukupi kebutuhan dasar ratusan warga korban banjir di Kabupaten Sanggau," katanya.

Data dari tim Pusat Pengendalian Operasi BPBD Sanggau melaporkan korban banjir berjumlah lebih dari 214 keluarga yang tersebar di Desa Balai Sebut, Kecamatan Jangkang dan Desa Rambin, Kecamatan Kapuas.

Baca juga: Mensos Risma salurkan bantuan untuk korban banjir di Sanggau Kalbar
Baca juga: BNPB terjunkan tim reaksi cepat atasi banjir di Kalimantan Barat


Hujan berintensitas deras dan berdurasi panjang menjadi pemicu banjir yang terjadi pada Jumat (30/8). Sebanyak 175 unit rumah, sejumlah gedung sekolah, rumah ibadah yang direndam banjir dengan ketinggian 15 centimeter sampai 2 meter.

Ia memastikan, meski banjir sudah surut namun pemerintah pusat melalui BNPB berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten dan Provinsi Kalimantan Barat sampai saat ini masih terus melakukan pemulihan lingkungan.

BNPB juga sudah menyiapkan beberapa paket logistik peralatan kebutuhan pengungsian dan operasionalnya sehingga bila banjir susulan terjadi maka Kabupaten Sanggau sudah siap mengatasinya.

Jenis bantuan BNPB tersebut di antaranya berupa sejumlah unit matras, selimut, kasur lipat, velbed, tenda, pompa alkon, pompa apung, penjernih air portabel, genset, lampu penerangan darat, dan perahu karet.

Baca juga: BNPB: Dapur umum disiagakan untuk jamin 2.231 korban banjir di Binjai
Baca juga: Hujan sejak Senin pagi, BPBD Padang imbau warga waspada bencana
Baca juga: Hujan deras, satu desa alami longsor & tiga desa banjir di Banyumas

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024