Kathmandu (ANTARA) - Nepal mengirimkan batch pertama sayuran segar, yang diproduksi di bawah program promosi yang didukung oleh sebuah yayasan China, ke Qatar pada Kamis (12/9) malam waktu setempat.

Sebuah truk berpendingin yang membawa sayuran yang dikemas muncul dalam sebuah upacara ekspor yang diadakan di Kathmandu, ibu kota Nepal, dan sayuran tersebut diterbangkan ke Qatar dengan penerbangan Himalaya Airlines.

Sayuran-sayuran segar seperti cabai hijau, kacang panjang, dan pare diproduksi di Kota Dakshinkali di Distrik Kathmandu di bawah sebuah program promosi pertanian yang didukung Yayasan Pembangunan Pedesaan China (China Foundation for Rural Development/CFRD).
 
Para pekerja membawa sayuran segar dalam upacara menandai ekspor sayuran segar di Kathmandu, Nepal, 12 September 2024. (Xinhua/Hari Maharjan)


"Acara hari ini tidak hanya menyemangati para petani di Kota Dakshinkali, tetapi juga menginspirasi para petani di seluruh negara ini," ujar Mohan Basnet, Wali Kota Dakshinkali, dalam upacara ekspor tersebut.

Berbicara dalam acara tersebut, Duta Besar Qatar untuk Nepal Mishal bin Mohammed Ali Al Ansari mencatat bahwa buah-buahan dan sayuran organik Nepal telah lama menjadi bagian dari pasar Qatar dan Qatar siap untuk memperkuat serta memperluas hubungan bilateral di bidang pertanian dan ketahanan pangan.

Program promosi pertanian tersebut telah membantu para petani di Dakshinkali untuk mengekspor sayuran segar ke Qatar, dan China bersedia untuk memberikan dukungan bagi pengembangan pertanian dan kemakmuran ekonomi Nepal, ujar Wang Xin, Kuasa Usaha (Charge d'Affaires) Kedutaan Besar China di Nepal. 

Menurut Zou Zhiqiang, Direktur kantor CFRD di Nepal, sekitar 30 ton sayuran segar dijadwalkan akan diekspor ke Qatar dalam satu bulan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024