Yang terlibat pada pameran furnitur tahun ini sekitar 200 lebih perusahaan dari 80 negara yang telah mendaftarkan diri,
Kabupaten Tangerang (ANTARA) - Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) menargetkan sebanyak 15.000 pengunjung pada pagelaran pameran furnitur dan kerajinan IFFINA Indonesia Mebel & Design Expo pada 14-17 September 2024 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.


"Untuk target pengunjung yaitu 15.000 visitor, baik itu dari dalam negeri maupun manca negara," kata Ketua Umum Asmindo Dedy Rochimat di Tangerang, Sabtu.

Ia mengatakan, pagelaran IFFINA tahun ini pihaknya telah melibatkan sebanyak 200 perusahaan bidang furnitur dan mebel dari 80 negara.

"Yang terlibat pada pameran furnitur tahun ini sekitar 200 lebih perusahaan dari 80 negara yang telah mendaftarkan diri," katanya.

Dia juga menyampaikan, selain target pengunjung, Asmindo juga telah menargetkan jumlah transaksi yang diharapkan dalam pelaksanaan IFFINA tahun ini, yaitu kenaikan sebesar 30 persen dari tahun sebelumnya yang tercatat 200 juta dolar AS.

Kendati, dalam hal ini pihaknya pun optimistis target itu dapat terwujud, melalui kebutuhan belanja mebel dan kerajinan dalam negeri mengalami peningkatan, industri pariwisata khususnya perhotelan kembali berbenah untuk mengoptimalkan potensi pariwisata dalam maupun luar negeri.

Dedy menambahkan, dengan hadirnya program pembangunan IKN (Ibukota Nusantara) juga membawa angin segar bagi para pelaku industri mebel dan kerajinan dalam negeri.

"Langkah konkrit yang telah dilakukan Asmindo yakni melakukan MOU dengan PT Bina Karya untuk mendukung pembangunan IKN dengan produk furnitur dan kerajinan anggota Asmindo yang mayoritas adalah UKM. Hal ini diharapkan mampu memperkuat UKM kita dan memajukan industri," ungkapnya.

Asmindo, dalam penyelenggaraan IFFINA 2024 ini telah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak yaitu Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, AFIC (ASEAN Furniture Industries Council), juga CAFA (Council of Asia Pacific Furniture Association).

"Dukungan juga bertambah dari asosiasi-asosiasi profesi terkait dengan industri furnitur & desain. Bekerja sama dengan Mahala Imaji Kreasi, sebagai organizer dari penyelenggaraan pameran IFFINA, Asmindo yakin penyelenggaraan IFFINA 2024 menjadi showcase bagi para peserta pameran yang melingkupi industri terkait, yaitu furniture, craft, project design, homeware, home fabric, serta decorative & gift," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024