Kini kami bersama dengan Super Air Jet menambahkan tiga rute baru penerbangan langsung domestik. Sehingga saat ini YIA memiliki 17 rute penerbangan domestik dan juga dilengkapi dengan dua rute penerbangan internasional yaitu ke Singapura dan Malaysia
Kulon Progo (ANTARA) - PT Angkasa Pura Indonesia Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menambah tiga rute baru domestik dalam rangka mendukung pertumbuhan wisata di wilayah itu.

General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Ruly Artha di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan, penerbangan langsung tiga rute baru penerbangan langsung tersebut merupakan rute Padang, Jambi, dan Pangkal Pinang dengan menggunakan maskapai Super Air Jet.

Rute Yogyakarta-Padang PP, Yogyakarta-Jambi PP, dan Yogyakarta-Pangkal Pinang PP dipersiapkan dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 (180 kursi kelas ekonomi).

"Kami optimistis bahwa minat perjalanan masyarakat dapat meningkat dengan adanya tiga rute baru penerbangan langsung melalui YIA," kata Ruly Artha.

Sebelumnya, kata dia, pada Agustus, YIA menambahkan rute baru Berau sebagai rute ke-14 penerbangan domestik.

"Kini kami bersama dengan Super Air Jet menambahkan tiga rute baru penerbangan langsung domestik. Sehingga saat ini YIA memiliki 17 rute penerbangan domestik dan juga dilengkapi dengan dua rute penerbangan internasional yaitu ke Singapura dan Malaysia," katanya.

Ia meyakini rute baru Padang, Jambi, dan Pangkal Pinang akan dapat turut menyumbang pertumbuhan wisatawan dan pengembangan pariwisata Indonesia, khususnya di DIY dan sekitarnya, serta wilayah Sumatera.

'Kami akan terus mengupayakan kolaborasi dan juga terbuka dengan inisiasi maskapai untuk
mewujudkan potensi alternatif penerbangan dan juga rute-rute baru lainnya. Tentunya ini kami upayakan sebagai wujud komitmen kami dalam melayani sepenuh hati untuk memberikan pengalaman perjalanan yang bermakna bagi pengguna jasa YIA,” kata Ruly Artha.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulon Progo Srie Nurkyatsiwi turut berbangga karena masyarakat akan dapat melihat dan semakin mengenali betapa istimewanya Daerah Istimewa Yogyakarta terutama Kabupaten Kulon Progo.

"Kami di Kulon Progo memiliki gerakan yang bernama Sambanggo yaitu Sambang Kulon Progo atau ajakan kepada para wisatawan untuk dapat mengunjungi dan menikmati berbagai objek wisata yang ada di Kulon Progo. Kami memiliki banyak sekali potensi yang luar biasa,” katanya.

Baca juga: AP I gelar Ocean Wonderland-InJourney di zona keberangkatan YIA
Baca juga: Sultan meminta Kulon Progo perketat investasi di kawasan Bandara YIA
Baca juga: KAI tambah delapan perjalanan KA Bandara YIA Xpress masa Lebaran 2024

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024