Jayapura (ANTARA) - Majelis Rakyat Papua (MRP) mengimbau kepada seluruh masyarakat setempat mendukung dan menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 yang aman dan damai.

Wakil Ketua II MRP Max A. Ohee di Jayapura, Sabtu, mengatakan pihaknya telah melaksanakan rapat pleno pada Kamis (12/9) untuk menetapkan calon gubernur dan wakil gubernur orang asli Papua.

"Ini adalah salah satu syarat utama bagi para calon yang maju dalam Pilkada untuk lolos mencalonkan diri," katanya.

Menurut Ohee, hasil pleno tersebut kemudian akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua dan selanjutnya KPU akan menetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Papua,

"Kami juga telah melakukan verifikasi faktual di beberapa daerah bagi ke empat calon tersebut baik itu calon gubernur maupun wakil gubernur," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga berharap kepada seluruh masyarakat Papua untuk menjaga keamanan dan ketertiban guna mewujudkan pilkada yang aman dan damai serta tidak terprovokasi dengan isu-isu yang dilakukan oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab guna menggagalkan Pilkada.

"Pilkada merupakan momentum yang baik bagi masyarakat Papua untuk mendapatkan pemimpin daerah yang akan bersama-sama masyarakat membangun Tanah Papua menjadi lebih baik di masa mendatang," katanya lagi.

Dia menambahkan selain itu diharapkan kepada seluruh masyarakat agar senantiasa menciptakan situasi keamanan tetap kondusif guna kelancaran tahapan pilkada.
Baca juga: MRP minta tokoh agama berperan aktif ciptakan pilkada damai di Papua
Baca juga: Gubernur Papua sebut MRP bagian dari mitra
Baca juga: 400 personel Polri perkuat pengamanan di KPU dan MRP Papua Barat Daya

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024