Banda Aceh (ANTARA) - Kabut masih bertahan samar-samar pagi itu di Danau Lut Tawar, Takengon, Aceh Tengah. Suhu udara juga masih dingin mencapai 16 derajat celsius.

Itu semua tak menciutkan antusiasme masyarakat memadati area kecil yang dibangun di sisi barat Danau Lut Tawar. Setiap mereka dengan khidmat menyaksikan langsung aksi para atlet triathlon bersaing di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Sisa-sisa kabut membuat mereka sedikit memicingkan mata, demi melihat pemandangan yang lebih jelas atas perahu sekoci yang berarak mengiringi para atlet menunjukkan kebolehan di nomor akuatik di air Danau Lut Tawar yang dingin.

Saat kabut perlahan tersibak, ketika itu pula satu per satu atlet bermunculan dari muka air Danau Lut Tawar disambut gemuruh sorak sorak penonton berpadu tepuk tangan sarat rasa kagum.
 
Panorama venue cabang triathlon Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung di Danau Lut Tawar, Takengon, Aceh Besar, Rabu (11/09/2024). (ANTARA/FAJAR SATRIYO)


Cita rasa Danau Lut Tawar

Danau Laut Tawar atau kerap disebut oleh masyarakat Takengon sebagai Danau Lut Tawar merupakan danau yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, yang merupakan deretan dari Pegunungan Bukit Barisan. D

Danau ini merupakan danau tektovulkanik yang terbentuk bersamaan dengan Sesar Semangko, dengan bentangan luas sejauh 5.472 hektar, dengan panjang 17 km dan lebar 3.219 km.

Disebut sebagai Danau Lut Tawar karena danau ini membentang serupa laut dengan warna air biru laut namun memiliki rasa air yang tawar tidak asin.

Menikmati Danau Lut Tawar di tepian dengan pemandangan air danau dan pegunungan yang menjulang seakan menarik pemandangan yang sama dengan Danau Wakatipu yang terletak di Pulau Selatan, Selandia Baru.

Kedua danau ini sekilas mempunyai kemiripan dari segi pemandangan pegunungan yang mengitari danau. Danau Wakatipu menyajikan pemandangan yang dapat dinikmati dari kota Queenstown.

Selain sajian pemandangan yang sekilas mirip, Danau Lut Tawar dan Danau Wakatipu memiliki suhu yang cukup timpang. Temperatur suhu di Danau Lut Tawar selama satu bulan terakhir berada di titik tertinggi 26 derajat celcius dan titik terendah 16 derajat celcius.

Sedangkan di Danau Wakatipu mempunyai suhu tertinggi 13 derajat celcius dan suhu titik terendah sebesar 2 derajat celcius.

Sebagai salah satu destinasi wisata, Danau Lut Tawar dan Danau Wakatipu memang sekilas mirip, dengan menyajikan pemandangan danau yang dikelilingi barisan pegunungan.

Ketua Umum Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Armand van Kempen berpendapat bahwa kedua danau ini memiliki kesamaan pemandangan yang dikelilingi pegunungan hijau.

"Arena kalau kami lihat di sini ya sama dengan Selandia Baru-nya di Indonesia dari sini. Kita lihat danaunya dikelilingi dengan bukit ya, bahkan temperaturnya juga bagus. Susah mendapatkan temperatur seperti ini. Temperatur ini mungkin hanya ada di Takengon ya, di venue-venue lomba itu," ujar Armand Van Kempen.

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Aceh, Danau Lut Tawar menyajikan sejumlah kapal untuk para wisatawan yang ingin mengeliingi danau. Para pengelola kapal wisata mematok biaya sebesar 20 ribu Rupiah hingga 25 ribu Rupiah.

Selain itu para wisatawan juga dapat menikmati Danau Lut Tawar dengan mendirikan camping ground di sekitar Danau Lut Tawar.

Potensi Danau Lut Tawar

Danau Lut Tawar menjadi saksi sejarah perhelatan cabang triathlon pertama kali diselenggarakan di Pekan Olahraga Nasional. Triathlon yang sebelumnya dipertandingkan secara eksibisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020 akhirnya resmi dipertandingkan untuk pertama kali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Triathlon atau trilomba merupakan cabang olahraga yang mempertandingkan renang, balap sepeda dan lari dalam satu kompetisi yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu.
Secara umum olahraga ini dilakukan di dekat perairan terbuka seperti sungai, danau, laut maupun kolam buatan yang berdekatan dengan rute jalan raya ataupun offroad.

Olahraga ini sebenarnya sudah lama diperkenalkan yakni pada tahun 1920-an oleh Scott Tinley di Perancis namun baru kembali populer pada tahun 1974 saat lomba triathlon pertama kali digelar di pelabuhan Mission, San Diego, Amerika Serikat.

Triathlon baru masuk ke Indonesia pada tahun 1995. Lalu pada tahun 2006, Mark Sungkar bersama dengan Syahrial Oesman mendeklarasikan pembentukan Federasi Trilomba Indonesia atau yang kini dikenal sebagai Federasi Triathlon Indonesia (FTI).

Sepanjang perhelatan triathlon di Indonesia telah dilangsungkan di antaranya Jakarta, Palembang, Bogor, Surabaya hingga Sibolga dan Pangandaran. Namun baru di Takengon, triathlon untuk pertama kali dipertandingkan masuk ke dalam multi-event nasional.

Dalam edisi PON ke-21 kali ini, triathlon mempertandingkan delapan nomor yakni standard distance triathlon pa/pi, sprint distance triathlon pa/pi, standard distance aquathlon pa/pi dan sprint distance duathlon pa/pi.

Sebagai lomba yang mengadu ketahanan dan ketangkasan, triathlon memang secara spesifik membutuhkan venue yang mempunyai temperatur udara dingin dan kondisi suhu yang tidak tinggi.

Ketua Umum FTI, Armand Van Kempen mengatakan bahwa selama melangsungkan pertandingan di Danau Lut Tawar, temperatur udara begitu sesuai dengan yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan venue triathlon dengan rata-rata suhu di kisaran 16 derajat.

Armand Van Kempen juga mengatakan bahwa akan ada kemungkinan Danau Lut Tawar akan diajukan sebagai tuan rumah kejuaraan Asia atau Asia Triathlon Cup.

"Jadi kami beberapa kali membuat lomba di Papua juga, kita buat lomba di Kalimantan, Sulawesi. Baru kali ini kita dapat atitude yang tinggi sampai 1200 dengan temperatur udara sampai 16 derajat. Ini yang betul-betul kita cari. Dan tadi kami sampaikan juga kepada Bapak Bupati, PJ Bupati dan Ketua KONI pusat menyampaikan harapan kami diakomodir dan di fasilitasi untuk diadakan kejuaraan seri Asia tahun depan disini satu seri," kata Armand.

FTI juga tidak menutup kemungkinan ke depannya Danau Lut Tawar akan menjadi salah satu tempat pemusatan latihan (TC) tim nasional Indonesia mengingat temperatur dan suhu yang sangat memungkinkan untuk melangsungkan triathlon.

Atlet triahtlon asal Aceh, Renata Berliana Aditya juga berharap dengan kondisi cuaca yang begitu cocok untuk digunakan ajang triathlon, Danau Lut Tawar ke depannya ada event triathlon yang dapat dilangsungkan di danau yang menjadi muara dari 25 aliran krueng tersebut.

Baca juga: FTI sebut Danau Lut Tawar potensi diajukan tuan rumah kejuaraan Asia

Baca juga: Triahtlon - FTI: Atlet peraih medali berpotensi dapat panggilan timnas

Baca juga: FTI sebut pembinaan kunci terbukanya persaingan merata di PON

Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024