Jakarta (ANTARA) - Operator pelayaran asal China, Shandong International Transportation Corporation (SITC), membuka rute pelayaran baru.

Rute ini akan menghubungkan Belawan di Sumatra Utara dan sekitarnya melalui Terminal Kontainer Baru Belawan (Belawan New Container Terminal/BNCT) dengan pelabuhan-pelabuhan penting di China dan Asia.

Layanan ini mulai beroperasi pada 11 September 2024 di BNCT dan akan beroperasi menggunakan delapan kapal.

Rute pelayaran tersebut menghubungkan Belawan dengan beberapa pelabuhan penting seperti Ningbo, Qingdao, dan Shanghai di China, Port Klang dan Kuantan di Malaysia, serta Chennai di India.

PT BNCT selaku pengelola terminal itu menyambut positif layanan baru ini karena akan memperkuat posisi Belawan sebagai pelabuhan internasional yang kompetitif.

Selain itu, layanan baru ini juga akan memberi dampak positif bagi para pelanggan dan aktivitas perdagangan seiring koneksi yang lebih cepat dan efisien dari Sumatra Utara dan sekitarnya ke pasar-pasar utama di Asia.

SITC merupakan salah satu perusahaan pelayaran peti kemas terkemuka dunia asal China yang menghubungkan kota-kota di Asia. Selain Belawan, SITC juga telah mengoperasikan sejumlah layanan yang berada di Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Makassar.

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024