Medan (ANTARA) - Natura Perisa Aroma (NPA) mengenalkan layanan pengujian laboratorium makanan, minuman (F&B) dan pertanian Alvalab dalam pameran Food Ingredients (FI) Asia di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat akhir pekan ini.

Selain Alvalab, NPA turut membawa lini bisnis bahan baku makanan, bumbu perisa alami serta minyak atsiri Nekaboga dan Nekaroma dalam pameran yang diikuti oleh lebih dari 700 penyuplai lokal hingga mancanegara itu.

"Kami memiliki rekam jejak yang terbukti dalam menyediakan berbagai industri dengan produk dan layanan berkualitas tinggi. Kami juga memasok rempah-rempah, herbal, aromachemical, dan minyak atsiri bagi produsen makanan, penyedia layanan makanan, industri non-makanan, dan perusahaan ritel," kata Managing Director NPA Billy Laurence dalam siaran pers pada Sabtu.

Baca juga: Pameran Food Ingredients kembali hadir di Jakarta

Billy menjelaskan, Nekaboga sudah memanfaatkan sistem ekosistem berkelanjutan untuk bahan dasar, mulai dari pengadaan bibit melalui kemitraan bersama para petani sebagai pemasok.

Berbekal pengalaman lebih dari 30 tahun, Nekaboga menyediakan berbagai macam produk yang bersumber dari bahan-bahan alami yang diproses menggunakan teknologi modern. Selain Nekaboga, perusahaan juga memiliki lini bisnis Nekaroma yang memproduksi minyak atsiri atau minyak esensial.

Saat ini, seluruh produk Nekaboga dan Nekaroma telah mendapatkan sertifikasi dari FSSC 22000 yang diakui internasional untuk keamanan pangan.

Baca juga: Kemenperin fasilitasi industri makanan masuk rantai global di FIA 2023

Alvalab

Layanan uji laboratorium Alvalab awalnya muncul untuk memenuhi kebutuhan dan peningkatan kapasitas in-house laboratory dari Nekaboga dan Nekaroma.

"Sejak awal kami memang telah memiliki laboratorium internal namun ke depannya kami melihat bahwa regulasi dan kebutuhan atau kewajiban sertifikasi bagi industri makanan dan minuman semakin tinggi," kata Billy.

"Untuk itulah, kami kemudian mengembangkan unit bisnis penyedia layanan lab testing ke pihak eksternal," kata dia.

Sebagai penyedia layanan lab testing, Alvalab fokus pada konsep sustainable energy dan recycle material dengan pelayanan satu atap untuk berbagai kebutuhan pengujian laboratorium.

Baca juga: 300 produsen bahan baku makanan tampil di pameran FI Asia 2022

Alvalab dilengkapi fasilitas terkini, layanan sistematis, terintegrasi digital melalui LIMS (Laboratory Information Management System) serta didukung tenaga ahli untuk menghadirkan pengujian yang memenuhi standar industri.

LIMS merupakan sistem manajemen data, otomatisasi, dan regulasi laboratorium yang memudahkan konsumen dalam memilih kebutuhan lab testing serta menyerahkan sample test. Hasil uji Alvalab bisa dipantau secara real time melalui teknologi LIMS.

LIMS juga mampu meningkatkan efisiensi, akurasi, dan keandalan operasi laboratorium, mendukung pengambilan keputusan untuk hasil yang lebih baik.

Baca juga: Pameran dagang bahan makanan se-Asia 2022 diadakan di Jakarta

Adapun keunggulan lain Alvalab adalah penggunaan energi terbarukan serta berkelanjutan dengan pemanfaatan mikrobiologi laboratorium yang tersterilisasi, solar panel, dan mengurangi pemakaian kertas hingga plastik.

Laboratorium Alvalab yang sudah mengantongi ISO 17025 dan akreditasi KAN ini memiliki titik drop off point di Lampung, Jakarta, Surabaya, dan Pontianak.

"Kami sangat senang dapat memperkenalkan Alvalab ke pasar. Partisipasi kami dalam acara bergengsi ini menggarisbawahi komitmen kami untuk mendukung sektor makanan dan minuman dengan solusi pengujian laboratorium yang inovatif dan efisien," tutup Billy.

Baca juga: Pameran industri makanan-minuman Food Ingredients Asia dibuka

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024