Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa dan isu politik yang menarik terjadi sepanjang Jumat (13/9), dari mulai PDI Perjuangan akan mendukung pemerintahan Prabowo Subianto hingga penambahan kementerian.

Berikut pilihan berita politik yang telah dirangkum ANTARA.

1. PDIP akan dukung Prabowo jika punya visi yang sama

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan bahwa partainya bakal dengan sendirinya mendukung Presiden Terpilih 2024–2029 Prabowo Subianto jika nantinya mempunyai visi yang sama tentang bangsa.

Menurutnya, dukungan itu pun bisa terjadi walaupun PDIP tidak masuk ke dalam kabinet pemerintahan. Dia mengatakan PDIP pun akan menentukan sendiri posisinya dalam lima tahun ke depan.

Baca di sini


2. AHY: Demokrat siap ikut mengawal pemerintahan ke depan

IKN (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyatakan partainya sebagai bagian dari perjuangan Prabowo Subianto di Pilpres 2024, siap ikut mengawal pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ke depan.

Demikian disampaikan AHY yang juga Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat.

Baca di sini


3. Menhan lanjut melawat ke Hanoi untuk bertemu PM dan Presiden Vietnam

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melanjutkan rangkaian lawatannya di Asia Tenggara dengan menyambangi Hanoi, Vietnam, untuk bertemu Presiden Tô Lâm, Ketua Majelis Nasional Vietnam Tran Thanh Man, dan Perdana Menteri Pham Minh Chinh.

Prabowo tiba di Bandara Internasional No Bai, Hanoi, Jumat sore, disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Do Hung Viet, Duta Besar Vietnam untuk RI Ta Van Thong, Direktur Jenderal Departemen Wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Pasifik Selatan Kementerian Luar Negeri Vietnam Nguyễn Tất Thành, dan Atase Pertahanan RI di Vietnam Kolonel Laut (P) Dian Tri Hutanto.

Baca di sini


4. Kapal perang RI-Filipina patroli di perbatasan 5–14 September

Jakarta (ANTARA) - Kapal perang Republik Indonesia KRI Marlin-877 dan kapal perang Filipina BRP Artemio Ricarte (PS37) berpatroli bersama di perairan perbatasan dua negara pada 5–14 September 2024.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Komando Armada II TNI Angkatan Laut Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko saat dihubungi di Jakarta, Jumat, menjelaskan kegiatan itu merupakan sesi ke-3 Patroli Terkoordinasi Filipina-Indonesia (Corpat Philindo) XXXVIII 2024.

Baca di sini



5. F-PKB apresiasi penambahan kementerian demi tujuan baik pembangunan

Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengapresiasi wacana penambahan jumlah nomenklatur kementerian pada pemerintahan mendatang jika bertujuan baik bagi pembangunan Indonesia.

"Kalau itu semua tujuannya untuk kebaikan, kami kemarin ikut dalam pandangan fraksi, setuju dan sangat mengapresiasi punya langkah-langkah pingin bagaimana membangun Indonesia ini, punya will-nya dan targetannya sesuai dengan apa yang diharapkan," kata Cucun di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024