Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi pada Jumat (13/9/2024) kemarin menarik minat pembaca dan masih layak disimak untuk Sabtu ini. Di antaranya, soal penyelesaian lima destinasi wisata hingga pengembangan PLTS terapung.
 
 
Berikut ikhtisar beritanya:
 
Pemerintah genjot penyelesaian lima program destinasi wisata
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku pihaknya akan mempercepat penyelesaian lima program pengembangan destinasi wisata di Indonesia pada 2024.
 
Hal tersebut, dikatakan Sandiaga saat ketibaan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, setelah menghadiri sidang Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang digelar di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat.
 
 
BP Tapera genjot pembiayaan perumahan berbasis syariah
Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menggenjot pembiayaan perumahan berbaris syariah dalam rangka menyiapkan berbagai pilihan dalam pembiayaan perumahan bagi masyarakat.
 
“Saat ini memang harus diakui kalau pembiayaan perumahan yang berbasis syariah masih rendah penyerapannya jika dibandingkan dengan berbasis konvensional. Hal ini lebih banyak disebabkan masih kurangnya pemahaman masyarakat terhadap syariah,” ujar Komisioner BP Tapera Heru Pudyo Nugroho di Jakarta, Jumat.
 
 
Potensi suku bunga The Fed turun pengaruhi penguatan IHSG
 
Head of Retail Research Sinarmas Sekuritas Ike Widiawati mengatakan probabilitas penurunan suku bunga Federal Reserve (The Fed) pada Rabu (18/9) mempengaruhi penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) sebesar 13,97 poin atau 0,18 persen menjadi 7.812,12 per hari ini.
 
“Kenapa IHSG bisa sumringah full senyum? Salah satunya karena di tanggal 18 di pekan depan, (ada) penurunan suku bunga dari The Fed,” katanya dalam Webinar Market Outlook September: Menakar Peluang IHSG Menuju 8.000, Jakarta, Jumat.
 
 
Kadin Daerah dan ALB dikabarkan minta penyelenggaraan Munaslub
 
Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah dan Anggota Luar Biasa (ALB) Kadin dikabarkan meminta untuk dilaksanakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) guna menyikapi dinamika yang terjadi di tubuh Kadin.
 
Salah satu pimpinan Kadin Daerah, yakni Ketua Kadin Bangka Belitung Thomas Jusman mengatakan Munaslub perlu dilaksanakan guna mewujudkan wadah organisasi pengusaha yang netral sebagai mitra strategis pemerintah.
 
 
ESDM kantongi persetujuan buat PLTS terapung di permukaan waduk
 
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian PUPR untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung di permukaan waduk, dengan kapasitas hingga 14,7 gigawatt di 257 lokasi.
 
"Dengan memanfaatkan floating PV pada beberapa permukaan bendungan yang dimiliki Kementerian PUPR, kita bisa mengakselerasi tambahan 14 GW lagi. Kementerian ESDM sudah menerima persetujuan dari Menteri PUPR untuk meningkatkan kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga surya yang memanfaatkan waduk milik Kementerian PUPR," ujar Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat.
 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024