Deli Serdang, Sumatera Utara (ANTARA) - Hari ketiga pertandingan cabang olahraga wushu Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut akan memperebutkan empat emas, masing-masing dari nomor taolu taijijian putra dan putri serta taolu kombinasi nandao dan nangun putra dan putri.

Pada pertandingan yang akan digelar di GOR Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu, atlet tuan rumah Sumatera Utara Nicholas akan menjadi favorit di nomor taijijian putra.

Nicholas yang pada hari pertama meraih medali emas nomor taijiquan putra akan bersaing dengan atlet-atlet tangguh, salah satunya Rainer Reinaldy Ferdiansyah dari Jawa Timur yang sebelumnya telah menyegel medali perak taijiquan putra.

Di nomor taijijian putri, perlombaan diperkirakan akan berjalan sengit. Atlet-atlet kuat akan saling memperebutkan medali emas, seperti Alisya Mellynar dari Jawa Timur yang pada hari pertama meraih emas nomor taijiquan putri dan atlet DKI Jakarta Salwaa Dhana Azalia yang menyabet perak taijiquan putri.

Atlet tuan rumah lainnya, Harris Horatius akan menjadi unggulan di nomor taolu kombinasi nandao dan nangun putra. Pria 29 tahun yang telah mendulang emas dari nomor nanquan putra tersebut akan melawan sejumlah atlet kuat, termasuk Yofan dari Jawa Tengah yang menyabet perak di PON XX Papua.

Di nomor nandao dan nangun putri, atlet Jawa Barat Tasya Ayu Puspa Dewi, yang menyabet emas nomor nanquan putri pada hari pertama, akan bersaing ketat dengan atlet-atlet dari provinsi lainnya, termasuk Sherly Velika Wuryaningtyas dari Jawa Tengah yang pada PON XX Papua meraih medali perunggu.

Selain itu, hari ketiga cabang olahraga wushu juga akan mempertandingkan semifinal nomor sanda putri kelas 48kg, 52kg, 56kg, dan 60 kg serta semifinal sanda putra kelas 48kg, 52kg, 56kg, 60kg, 65kg, 70kg, dan 75kg.

Cabang olahraga wushu PON XXI Aceh-Sumut digelar pada 12 hingga 15 September. Sebanyak 29 medali emas, 29 medali perak, dan 40 perunggu diperebutkan dari 29 nomor yang dipertandingkan.

Baca juga: Wushu - Jawa Timur salip perolehan emas DKI Jakarta di hari kedua

Baca juga: Wushu - Patricia Geraldine sabet emas di PON perdana

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024