Deli Serdang, Sumatera Utara (ANTARA) - Kontingen Jawa Timur menyalip perolehan medali emas DKI Jakarta pada hari kedua pertandingan cabang olahraga wushu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Pada pertandingan di GOR Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat, Jawa Timur berhasil mendulang empat medali emas, dan dua perak.

Dengan demikian, untuk sementara Jawa Timur berada di peringkat teratas perolehan medali cabang olahraga wushu dengan raihan lima emas, enam perak, dan dua perunggu.

Sementara itu, DKI Jakarta berada di urutan kedua setelah hanya menambah dua emas, satu perak dan tiga perunggu. Saat ini, total medali yang dikoleksi DKI Jakarta adalah empat emas, tiga perak, dan lima perunggu.

Dari empat medali emas yang didulang oleh Jawa Timur pada hari kedua, dua di antaranya disumbangkan oleh Michael Arroll Nestor Jennings dan Jessie Djalimin yang sukses mengawinkan nomor taolu wing chun wooden dummy + wing chun butterfly sword putra dan putri.

Dua emas lainnya diraup oleh Muhammad Daffa Golden Boy melalui nomor taolu jianshu dan qiangshu putra serta Jennifer Tjahyadi di nomor daoshu dan gunshu putri.

Shakira Marini Putri dan Ahmad Ghifari Fuaiz masing-masing menyumbang satu perak dari nomor wing chun wooden dummy + wing chun butterfly sword putri serta jianshu dan qiangshu putra.

Sementara itu, dua tambahan medali emas untuk DKI Jakarta di hari kedua diperoleh Edgar Xavier Marvelo dari nomor daoshu dan gunshu putra serta Patricia Geraldine dari nomor jianshu dan qiangshu putri.

Satu medali perak diraup oleh Eugenia Diva Widodo dari nomor daoshu dan gunshu putri.

Adapun tiga medali perunggu masing-masing disumbang oleh Ivana Beatrice L dari nomor daoshu dan gunshu putri, Keane McLaren Lee dari nomor jianshu dan qiangshu putra, serta Carlson Sasmita dari nomor wing chun wooden dummy + wing chun butterfly sword putra.

Meski tidak memperoleh satu pun medali di hari kedua, tuan rumah Sumatera Utara dan Jawa Barat tetap berada di posisi ketiga dan keempat perolehan medali dengan dua dan satu emas.

Yogyakarta dan Jawa Tengah pada hari kedua mendapat tambahan masing-masing satu medali perak, sehingga keduanya saat ini sama-sama mengoleksi satu perak dan satu perunggu.

Muhammad Rizqi Kurniawan meraih perak untuk Yogyakarta dari nomor daoshu dan gunshu putra, sedangkan Rio Noviansyach mengunci perak untuk Jawa Tengah dari nomor wing chun wooden dummy + wing chun butterfly sword putra.

Sejumlah provinsi berhasil pecah telur medali pada hari kedua pertandingan wushu. Kontingen Bali mencuri satu medali perak dari nomor jianshu dan qiangshu putri melalui Orchyda Tsabita Phasha Rahadi.

Jambi menyegel dua medali perunggu yang didulang oleh Veren Aprillia dari nomor jianshu dan qiangshu putri serta Sukma Tri Nur Azizah dari nomor wing chun wooden dummy + wing chun butterfly sword putri.

Melvern Liang Alianto membuka keran medali untuk Nusa Tenggara Timur setelah meraih perunggu di nomor daoshu dan gunshu putra.

Cabang olahraga wushu PON XXI Aceh-Sumut digelar pada 12 hingga 15 September. Sebanyak 29 medali emas, 29 medali perak, dan 40 perunggu diperebutkan dari 29 nomor yang dipertandingkan.

Baca juga: Wushu - Edgar Xavier Marvelo sabet emas kedua lewat nomor kombinasi

Baca juga: Wushu - Jennifer Tjahyadi raih emas di nomor daoshu dan gunshu


 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024