Banda Aceh (ANTARA) - Pejudo senior Jawa Timur yang telah berpasangan 15 tahun Suliswanto-Embun Cahyono akhirnya merasakan medali emas perdana mereka di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Gelanggang Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, Jumat.

Kedua atlet judo ini berhasil meraih hasil tertinggi di nomor Nage No Kata pertandingan seni cabang olahraga judo, Jumat.

"Akhirnya kami berhasil meraih medali emas yang sempat tertunda beberapa kali," kata Suliswanto di Banda Aceh, Jumat.

Suliswanto mengatakan dirinya bersama Embun Cahyono sudah berpasangan sejak tahun 2009 dan mengikuti sejumlah turnamen.

"Kami sudah pernah meraih medali emas SEA Games 2011 dan juara tiga di kejuaraan dunia judo pada 2018," kata dia.

Ia mengakui sudah banyak medali yang didapatkan dua pria ini saat berpasangan dalam pertandingan nomor seni judo tapi memang medali emas PON selalu gagal mereka raih.

"Ada rasa penasaran yang besar dan alhamdulillah hari ini kami bisa meraih medali emas," kata Embun Cahyono.

Dirinya bercerita saat Pekan Olahraga Nasional 2016 Jawa Barat mereka gagal mendapatkan emas setelah kalah dari pasangan tuan rumah Jawa Barat.

Mereka harus puas meraih medali perak di ajang multi cabang olahraga tersebut.

Selanjutnya di PON XX Papua 2021, kesempatan mereka meraih medali emas juga pupus setelah kalah di dari pasangan tuan rumah Papua.

"Alhamdulillah kami puas sekali dengan pencapaian yang didapat hari ini. Terbayar sudah semua hasil latihan dan persiapan yang dilakukan," kata dia.

Ia mengatakan untuk mempersiapkan penampilan di PON Aceh-Sumut, mereka berdua melakukan pemusatan latihan sejak 2023 dan hasilnya bisa menjadi yang terbaik di pertandingan seni judo ini.

Selain itu untuk rencana ke depan, kedua pejudo Jawa Timur ini belum memiliki rencana karena umur mereka yang semakin menua.

"Kami belum tahu apa SEA Games esok ada pembatasan usia. Kami atlet paling senior saat ini dan hingga kini kami puas dengan capaian yang ada," kata dia

Pasangan atlet judo senior Jawa Timur Suliswanto-Embun Cahyo meraih medali emas perdana di PON Aceh-Sumut 2024 setelah berhasil meraih nilai tertinggi 374,6 dari pertandingan seni Nage No Kata cabang olahraga judo.

Sementara di peringkat kedua ada Jawa Barat yang diperkuat pasangan Ahmad Arya- Rafialu Rachmadani yang meraih nilai 365,5.

Kemudian di peringkat ketiga ditempati atlet Sumatera Fadli Ardiansyah- Krisjon Parningotan dan tempat keempat ada pasangan Jawa Tengah Eko Mulianto dengan Andika Candra.

Hasil ini membuat pertandingan seni cabang olahraga judo nomor Nage No Kata PON Aceh XXI 2024 berakhir.

Baca juga: Judo - DKI Jakarta masih kokoh di puncak klasemen PON XXI

Baca juga: Judo Jawa Timur raih satu medali emas dari nomor Nage No Kata

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024