Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak enam atlet dari empat provinsi berhasil melangkah ke babak final nomor boulder perorangan putri cabang olahraga panjat tebing Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024.

Pada pertandingan di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Jumat, enam atlet tersebut tersaring dari 20 atlet di semifinal.

Enam atlet tersebut, yakni Nur Ismatul Sakdia dari Jawa Timur, Kharisma Ragil Rakasiwi dari Jatim, Nafatika Astuti dari Jawa Tengah.

Kemudian, Mar'atus Sholeha Triana Putri dari Jawa Barat, serta Naura Jinan Syarifah dan Amelia Windy Ariesta yang sama-sama berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Presiden Juri Cabang Olahraga Panjat Tebing PON XXI Aceh-Sumut Anugrah Agung Karokaro menyampaikan pada hari ini ada semifinal untuk dua nomor, yakni lead perorangan putra dan boulder perorangan putri.

Untuk nomor lead perorangan putra, kata dia, tersaring delapan atlet yang maju babak final dari 26 atlet, sedangkan nomor boulder perorangan putri tersaring enam atlet dari 20 atlet.

Rencananya, final nomor lead perorangan putra cabang olahraga panjat tebing akan digelar pada Sabtu (14/9) besok.

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut berlangsung pada 6-20 September 2024 dengan mempertandingkan 16 nomor, dan enam di antaranya sudah final.

Yakni, combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, speed relay putra dan putri, dan speed world record (WR) perorangan putra dan putri.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti sebanyak 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri.

Baca juga: Sentuhan wanita di balik gemerlap arena panjat tebing

Baca juga: 11 atlet panjat tebing bersiap ke Seoul usai PON Aceh-Sumut

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024