Minat baca anak-anak perlu ditumbuhkan melalui pembiasaan sedari dini
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkolaborasi bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) memberikan donasi berupa pojok baca dan paket buku ke 20 sekolah PAUD di Provinsi Kalimantan Timur.

  Dalam rilis yang disiarkan oleh pihaknya di Jakarta, Jumat, agenda itu juga menjadi salah satu rangkaian acara kunjungan Ibu Negara Iriana Jokowi bersama OASE KIM di Provinsi Kalimantan Timur.

  Ketua Bidang 1 OASE KIM yang berfokus pada program pengasuhan dan pendidikan karakter sekaligus Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan (DWP) Franka Makarim mengungkapkan minat baca anak-anak perlu ditumbuhkan melalui pembiasaan sedari dini.

  “Anak-anak Indonesia perlu dididik dengan karakter yang baik sesuai Profil Pelajar Pancasila melalui buku bacaan yang menyenangkan,” ujar Franka.

  Sementara itu, Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbudristek Komalasari mengatakan pihaknya terus berupaya membangun kemitraan antara keluarga dan satuan PAUD melalui kegiatan bermain dan belajar berbasis buku bacaan anak.

  “Satuan PAUD diharapkan menjadi sumber pengembangan literasi yang dapat diakses orang tua yang membutuhkan sebagai bentuk nyata upaya melawan hilangnya kesempatan belajar beberapa waktu lalu di masa pandemi,” ujarnya.

Baca juga: Ibu Negara dan OASE KIM lepaskan ratusan burung hingga ikan di IKN

  Selain itu, ia mengatakan satuan PAUD juga turut andil dalam menguatkan literasi anak usia dini untuk membangun kemampuan bahasa dan karakter, serta ikut mengembangkan program yang terkait dengan program lain di daerahnya.

Komalasari menambahkan bantuan pojok baca dan literasi dasar tersebut diberikan agar mendorong satuan PAUD untuk memiliki layanan pojok baca. Selain itu, pojok baca juga dapat memperkuat keterampilan orang tua dan guru dalam memanfaatkan buku bacaan anak untuk meningkatkan literasi anak usia dini dalam membangun kemampuan bahasa dan karakter.

  Adapun pendistribusian buku bacaan terbagi ke dalam empat titik lokasi, yakni Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Lima Taman Kanak-Kanak di masing-masing kabupaten/kota mendapat bantuan sejumlah paket buku, dan dua sekolah, di antaranya TK Negeri Pembina I Balikpapan dan TK Nusa Indah Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara mendapatkan donasi Pojok Baca dan Paket Buku.

  Selain berkolaborasi mendonasikan pojok baca ke sekolah di Provinsi Kalimantan Timur, partisipasi Kemendikbudristek dalam kunjungan kerja Ibu Negara dan OASE KIM lainnya ialah menghadirkan instalasi Pojok Baca dalam seminar Sosialisasi Moderat Sejak Dini dengan tajuk Cinta Tuhan dengan Cintai Indonesia.

  Seminar tersebut dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wury Ma’ruf Amin, para pengurus dan anggota OASE KIM, serta 500 murid sekolah di bawah naungan Kementerian Agama dan Kemendikbudristek.

Baca juga: Iriana dan OASE KIM tinjau layanan PMT di Posyandu Penajam Paser Utara
Baca juga: Perpusnas dan Ombudsman resmikan layanan pojok baca digital

 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024