Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjalankan peran sebagai penggerak transformasi digital yang ditujukan untuk mendukung pertumbuhan perekonomian nasional.

"Lembaga yang membantu Presiden di sektor komunikasi dan informatika telah menjalankan peran sebagai penggerak transformasi digital di Indonesia, yang berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi nasional," kata Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Mira Tayyiba sebagaimana dikutip dalam keterangan pers kementerian di Jakarta, Jumat.

Mira menyampaikan bahwa transformasi digital bukan lagi menjadi pilihan, tetapi merupakan suatu keharusan untuk menghadapi berbagai tantangan yang muncul seiring dengan perkembangan pesat teknologi.

Kemenkominfo akan terus berinovasi untuk mewujudkan ekosistem digital yang inklusif, adil, dan berkelanjutan agar Indonesia bisa secara berdaulat memimpin di era digital.

"Semangat kita adalah semangat inovasi, memastikan bahwa Indonesia tidak hanya menjadi pengguna teknologi, tetapi juga menjadi bangsa yang berdaulat secara digital," kata Mira.

Pada ulang tahun ke-23 Kemenkominfo, Mira mengajak seluruh jajaran pegawai kementerian untuk terus berinovasi dan membangun kolaborasi guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat secara digital.

"Kami percaya, dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah, industri, dan masyarakat, kita bisa mencapai Indonesia Emas yang berdaulat di ranah digital. Ini bukan hanya mimpi, tapi tujuan yang bisa kita wujudkan bersama," katanya.

Baca juga: Kemenkominfo terima 572 ribu aduan nomor rekening terkait penipuan

Pembentukan Kementerian Komunikasi dan Informatika bermula dari pengangkatan H. Syamsul Mu'arif sebagai Menteri Negara Komunikasi dan Informasi dalam Kabinet Gotong Royong.

Keputusan Presiden No. 101 Tahun 2001 yang menetapkan tugas, fungsi, kewenangan, serta struktur organisasi Menteri Negara Komunikasi dan Informatika diterbitkan pada 13 September 2001.

Dalam tiga tahun terakhir, 13 September diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Perayaan hari ulang tahun ke-23 Kementerian Komunikasi dan Informatika mencakup pelaksanaan Kominfo Karnaval pada 20 September 2024 serta penerbitan buku "Satu Dekade Lompatan Digital: Menembus Batas, Merekat Persatuan."

Bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-23, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan komitmen untuk memastikan seluruh rakyat Indonesia dapat merasakan manfaat transformasi digital untuk perluasan akses informasi serta peningkatan kondisi ekonomi dan sosial.

Baca juga: Kemenkominfo telah memblokir lebih dari 3,6 juta konten negatif

Baca juga: Kemenkominfo berkolaborasi untuk menangkal hoaks selama Pilkada 2024

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024