Anak muda harus menunjukkan bahwa nilai-nilai kebangsaan yang melekat dapat menyelamatkan dari berbagai gejolak
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mensosialisasikan empat pilar kebangsaan lembaga tersebut di Gedung Soetardjo Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, Jumat.

Sosialisasi itu dihadiri langsung oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, beserta anggotanya Charles Meikyansah dan didampingi Rektor Unej Iwan Taruna dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unej Fendi Setyawan.

"Pemahaman terhadap empat pilar MPR yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan landasan penting bagi generasi muda dalam menghadapi berbagai tantangan," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat di Kampus Unej.

Menurutnya semua nilai kebangsaan itu ada dalam pembukaan UUD 1945, sehingga memahami pembukaan UUD berarti memahami 4 pilar kebangsaan.

"Anak muda harus menunjukkan bahwa nilai-nilai kebangsaan yang melekat dapat menyelamatkan dari berbagai gejolak," tuturnya.

Ia juga menyerukan kepada para generasi muda khususnya mahasiswa untuk tidak ragu mengambil peran dalam memajukan negara, sehingga mahasiswa harus terlibat dari sekarang, berani mengambil peran agar kita dapat mencapai tujuan menciptakan masyarakat yang stabil.

Hal senada juga disampaikan oleh Charles Meikansyah bahwa marak terjadinya disrupsi media sosial merupakan salah satu bentuk lemahnya pondasi atau landasan karakter yang dimiliki.

Baca juga: MPR RI gandeng mahasiswa Unpatti terapkan empat pilar

Baca juga: MPR tegaskan pentingnya sosialisasi empat pilar untuk generasi muda

Baca juga: Bamsoet publikasikan hasil riset ilmiah terkait 4 pilar kebangsaan


“Pancasila memiliki peran yang sangat penting dalam membangun karakter anak muda dan membantu mereka menghadapi disrupsi media sosial yang merupakan suatu tantangan,” ujarnya.

Sementara Rektor Unej Iwan Taruna mengatakan sosialisasi empat pilar MPR pada era saat ini tidak bisa dilaksanakan dengan cara yang biasa, sehingga kami mengundang ibu Lestari untuk menyampaikan materi secara langsung.

“Sebagai kampus Pancasila dan kampus kebangsaan memperkuat 4 pilar kebangsaan itu sangat penting," katanya.

Ia mengatakan mahasiswa tidak hanya belajar tentang ilmu pengetahuan tetapi juga bagaimana membentuk karakter sehingga diharapkan nilai-nilai kebangsaan dapat terus terjaga karena para mahasiswa merupakan agen perubahan bagi bangsa.

Sosialisasi itu dihadiri oleh anggota DPR RI, anggota DPRD Kabupaten Jember, ratusan mahasiswa, dosen, serta sivitas akademika di Kampus Universitas Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024