Medan (ANTARA) - Dua pebiliar putri dari Sumatera Utara Alisya Naifa Fadillah dan Lionnie Amanda kandas di babak 16 besar setelah kalah dalam laga nomor 10 ball single putri cabang biliar PON Aceh-Sumut 2024 di Pardede Hall, Medan, Jumat.

Langkah Alysia terhenti saat kalah dari wakil Kalimantan Selatan Novia Ningsi dengan skor 3-7. Sementara rekan Alysia, Lionnie juga menelan kekalahan dengan skor 5-7 dari wakil Daerah Istimewa Yogyakarta Rissa Oktviani.

Kekalahan wakil tuan rumah itu memperkecil peluang tuan rumah untuk menambah pundi emas yang sudah disumbang pebiliar putra dari tiga nomor berbeda.

Baca juga: Pelatih sebut Sumut sudah capai target minimal medali emas biliar

Ketiga emas itu disumbang pasangan Jefry Zen/Punguan Hasiholan Sihombing dari nomor 10 ball double putra di Pardede dan Marlando Sihombing/Jaka Kurniawan Ginting yang meraih emas pada dua nomor yang berbeda yaitu english billiard frame double dan english billiar 350 point double.

Pelatih tim biliar Sumatera Utara Resa Mahmudsyah Rangkuti saat ditemui ANTARA mengatakan, perolehan tiga emas itu membuat target minimal medali sudah tercapai.

Meskipun pebiliar putri kalah, namun peluang menambah medali emas masih terbuka melalui pebiliar putra yang masih bermain tunggal pada beberapa nomor.

"Masih ada pertandingan lagi tapi semuanya single. Semoga juga bisa mendapatkan emas lagi," ujarnya.

Pertandingan cabang biliar PON Aceh-Sumut 2024 sudah berlangsung sekitar empat hari sejak Senin (9/9). Cabang biliar menyuguhkan lima kelas yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, dan snooker yang diikuti 127 atlet putra dan 14 atlet putri dari 32 provinsi di Tanah Air.

Baca juga: Pebiliar Noor puas raih juara setelah dua kali gagal pada final PON
Baca juga: Biliar - Dua bersaudara raih medali perak untuk Kepri

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024