Beijing (ANTARA) - China mulai tahun ini akan mengirimkan 44 tim medis nasional setiap tahun untuk memberikan layanan di bagian tengah dan barat negara tersebut, dua kali lipat lebih banyak dari jumlah tahun lalu, menurut Komisi Kesehatan Nasional (National Health Commission/NHC) China.

Masing-masing terdiri dari setidaknya lima anggota, tim medis itu akan bekerja di 17 daerah setingkat provinsi termasuk Xinjiang dan Xizang selama setidaknya tiga pekan, sebut NHC. Prioritas akan diberikan pada area-area yang kurang berkembang, area terpencil, area dengan populasi etnis minoritas yang besar, atau area-area dengan kapasitas medis yang terbatas, ujar lembaga itu.

Tim medis nasional itu akan memberikan sejumlah layanan seperti diagnosis dan pengobatan penyakit, pendidikan kesehatan, pelatihan staf medis, panduan teknik klinis, dan pembentukan jaringan pengobatan jarak jauh.

Inisiatif itu berfokus untuk memastikan berbagai layanan medis yang berkualitas agar lebih mudah diakses oleh masyarakat di daerah-daerah tersebut, kata NHC.

Pada 2011, China mengirimkan sebanyak 19 tim medis nasional gelombang pertama untuk membantu area-area yang kurang berkembang di 18 daerah setingkat provinsi.

Per akhir 2023, sebanyak 199 tim medis dengan lebih dari 1.300 tenaga kesehatan telah berpartisipasi dalam program ini, tutur NHC.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024