Aceh Timur (ANTARA) - Jawa Timur (Jatim) dan Jakarta berpeluang lolos ke semifinal nomor tim ganda putri cabang olahraga sepak takraw Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Bertanding di Gedung Idi Sport Center, Idi, ibu kota Kabupaten Aceh Timur, Jumat, Jawa Timur membuka peluang ke babak empat besar tersebut setelah mengalahkan Sumatera Utara pada partai perdana penyisihan Grup B bersama Aceh.

Dalam partai tersebut, Jawa Timur mengalahkan Sumatera Utara dengan skor 3-0. Kemenangan tersebut diraih tim pertama Jawa Timur dengan poin 15-8 dan 15-2. Serta kemenangan tim kedua dengan pojn 15-10 dan 15-11. Dan kemenangan tim ketiga dengan poin 15-10 dan 15-7.

Pada pertandingan berikutnya, Jawa Timur berhadapan dengan tuan rumah Aceh. Jika menang melawan Aceh, Jawa Timur dipastikan lolos ke semifinal dengan status sebagai juara grup.

Sementara, Jakarta membuka kesempatan ke fase gugur tersebut setelah mengalahkan Riau dengan skor 2-1 di babak penyisihan Grup A bersama Sulawesi Selatan. Pada pertandingan berikutnya, Jakarta berhadapan dengan Sulawesi Selatan.

Jika menang, maka Jakarta dipastikan lolos ke semifinal sebagai juara Grup A. Apabila kalah, maka kepastian lolos ditentukan partai Riau dengan Sulawesi Selatan.

Sementara itu, pertandingan Jakarta berhadapan dengan Riau berlangsung ketat. Tim pertama, Jakarta menang 15-6 dan 17-16. Di tim kedua, Jakarta kalah dengan poin tipis 17-16 dan 17-16.

Sedangkan di tim ketiga, kedua provinsi tersebut sempat berbagi set 1-1, di mana set pertama Jakarta menang 17-16, tetapi kalah di set kedua dengan poin 15-17. Jakarta akhirnya menutup pertandingan set ketiga dengan poin 15-7.

Pertandingan di babak penyisihan grup dilanjutkan Sabtu (14/9), yakni Riau berhadapan dengan Sulawesi Selatan, Aceh dengan Jawa Timur, Jakarta menantang Sulawesi Selatan, serta Sumatera Utara menghadapi Aceh.

Baca juga: Sepak takraw - Jateng raih medali emas kuadran putri
Baca juga: Sepak takraw - Jawa Timur raih emas nomor tim regu putri

Baca juga: Tujuh provinsi perebutkan medali sepak takraw nomor tim ganda

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024