Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Provinsi Riau kembali masuk dalam laga semifinal cabang olahraga anggar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 melalui nomor degen perorangan putra di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Jumat.

Atlet anggar Riau Muhammad Fajri akan bertanding melawan atlet Kalimantan Selatan Muhammad Nabil Zahidy dalam partai semifinal. Selain itu, ada pula atlet anggar Riau M. Khafis yang akan berhadapan dengan Viston Bastian Kusuma Negara dari Jawa Tengah.

Sebelum melenggang ke semifinal, Fajri sempat berhadapan dengan Billa Dwi Alfiantoro asal Jawa Timur dan berhasil membukukan skor akhir dengan selisih cukup jauh, yakni 15-8. Sementara itu, Khafis sebelumnya bertanding dengan Sigy Kanadela asal Jawa Timur dengan perolehan skor akhir 15-10.

Pada hari pertama pertandingan atau Rabu (11/9), Riau menyabet medali emas melalui atlet anggar Ayu Pani pada nomor floret perorangan putri. Kemudian pada Kamis (12/9), provinsi itu kembali mencetak emas melalui atlet anggar Muhammad Fatah Prassetyo yang berlaga pada nomor floret perorangan putra.

Baca juga: Riau kembali raih emas anggar lewat floret individu putra

Selain emas, sejauh ini Riau telah mengumpulkan tiga medali perunggu yang diraih oleh Nisa Afrawasih yang bermain pada nomor degen perorangan putri, Norhayati pada floret perorangan putri, dan Muhammad Zuhdi pada nomor sabel perorangan putra.

Pada Jumat di tempat yang sama juga berlangsung pertandingan untuk nomor sabel perorangan putri.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI mempertandingkan 12 nomor untuk putra dan putri. Nomor untuk kategori putra antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Begitu pula nomor untuk kategori putri antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Anggar ini diikuti oleh 26 kontingen provinsi. Pertandingan cabang olahraga ini berlangsung pada 11-16 September 2024.

Pada Sabtu (14/9), pertandingan untuk nomor degen beregu akan dimulai, yang diawali dengan floret beregu putri dan sabel beregu putra. Pada Minggu (15/9), floret beregu putra dan degen beregu putri. Terakhir pada Senin (16/9), pertandingan anggar ditutup dengan degen beregu putra dan sabel beregu putri.

Baca juga: Anggar - DKI cetak emas pertama di PON XXI lewat degen individu putri
Baca juga: Jabar dan Kaltim lolos ke semifinal anggar nomor degen individu putri


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024