Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin mengajak masyarakat di daerah ini ikut serta menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan sampah plastik.
 
"Kegiatan Coastal Clean Up yang dilakukan di Pantai Payang Panjang, Kecamatan Sukaraja, Bandarlampung dan sekitarnya ini jadi upaya menjaga kebersihan lingkungan pantai dari sampah. Hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama," ujar Samsudin dalam keterangannya di Bandarlampung, Jumat.
 
Ia mengatakan kegiatan Coastal Clean Up tersebut juga menjadi sarana edukasi sekaligus dapat mengubah pola hidup masyarakat dalam menjaga pantai dari pencemaran dan kerusakan akibat sampah khususnya sampah plastik.

Baca juga: Warga Pulau Owi-Pai Biak bersihkan limbah sampah plastik
 
"Mari bersama-sama kita jaga pantai agar tetap bersih serta indah dengan tidak ada sampah di laut yang bisa terbawa ombak sampai di pantai. Gaya hidup kita pun perlu berubah yaitu tidak membuang sampah sembarangan dan mengurangi sampah plastik," kata dia.
 
Dia pun mengajak masyarakat yang bermukim di pesisir untuk ikut serta membersihkan serta menjaga pantai dari timbunan sampah guna menunjang keindahan lanskap pantai untuk mendukung sektor pariwisata.

"Sampah-sampah plastik ini telah menyebabkan kematian bagi ikan, kemudian mencemari air laut dan mengganggu siklus hidup populasi yang ada di laut," ucap dia.

Baca juga: Pemkab Madiun ajak warga terlibat dalam pengelolaan sampah plastik
 
Menurut dia, perlu peran serta semua pihak untuk menjaga kebersihan pantai, sehingga perlu pengawasan baik dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, serta masyarakat agar saling mendukung dalam menjadikan pantai-pantai di wilayah ini tetap bersih dari sampah plastik.
 
"Ini adalah tugas kita semua, mari sama-sama awasi, kalau perlu pasang CCTV pengawas agar pantai-pantai tetap terjaga," ujarnya.
 
Ia pun meminta masyarakat sekitar pantai dan para nelayan untuk menjaga kebersihan dengan tidak hanya mengandalkan kepada petugas kebersihan dan pemerintah.

Baca juga: Bupati Belitung Timur ajak warga kendalikan sampah plastik
 
"Mari kita menjadi agen perubahan dan terus bersemangat mengambil peran dan upaya pelestarian dan penyelamat lingkungan. Mari turut berperan untuk menumbuhkan bank-bank sampah dan komunitas peduli lingkungan," katanya.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024