Tanjung Pandan (ANTARA) -

Kodim 0414/Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar program "Dapur Masuk Sekolah" guna membantu percepatan penurunan angka prevalensi stunting di daerah itu.

"Program 'Dapur Masuk Sekolah' ini dilaksanakan dalam rangka membantu upaya pemerintah mempercepat penurunan stunting," kata Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Karuniawan Hanif Arridho melalui Danramil 414-01/Tanjung Pandan Mayor Inf Subkhan di Tanjung Pandan, Jumat.

Ia menjelaskan, program "Dapur Masuk Sekolah" Kodim 0414/Belitung menyasar siswa-siswi TK Kartika II-37 Kodim/0414 Belitung.

Ia mengatakan, program "Dapur Masuk Sekolah" tersebut menghadirkan menu berupa nasi, ayam goreng tepung, tahu, tempe, sayur sop, kerupuk, dan pisang.

Baca juga: Kodim 1708-Pemkab Biak bagikan 250 paket makanan cegah stunting

"Selanjutnya juga ada menu tambahan berupa susu kotak dan bubur kacang hijau," ujarnya.

Mayor Inf Subkhan menambahkan, program "Dapur Masuk Sekolah" dilaksanakan di lima wilayah Korem jajaran Kodam II/Sriwijaya guna menekan angka prevalensi stunting yang masih menjadi permasalahan serius di sebagian wilayah Indonesia.

Menurut dia, melalui program ini, Kodim 0414/Belitung memastikan anak-anak di wilayah Belitung mendapatkan asupan gizi yang cukup, tidak hanya mendukung pertumbuhan fisik mereka tetapi juga perkembangan otak yang optimal sebagai generasi penerus bangsa.

Baca juga: Program anak asuh Kodim 0622 efektif percepat penanggulangan stunting

Selain itu, lanjut dia, Kodim 0414/Belitung juga siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam program "Dapur Masuk Sekolah" guna mewujudkan generasi muda yang lebih sehat, cerdas, dan siap berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

"Kami juga berkomitmen untuk terus melanjutkan program ini sebagai tugas dalam membantu masyarakat," katanya.

Kepala Sekolah TK Kartika II-37 Eka Yunita mengapresiasi program "Dapur Masuk Sekolah" Kodim/0414 Belitung karena membantu para siswa dalam memenuhi kebutuhan asupan gizi mereka.

Baca juga: Kodim 1811/Teluk Wondama gelar Jumat Bergizi tangkal stunting

"Melalui program ini siswa dapat memenuhi asupan gizi mereka untuk mencegah stunting dan mendapatkan pembelajaran tentang makanan bergizi," ujarnya.

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024