pembangunan manusianya itu lebih penting
Jakarta (ANTARA) - Calon wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024, Rano Karno atau biasa disapa Bang Doel menilai pondok pesantren (ponpes) memiliki keunggulan dalam mencetak generasi berkualitas.

"Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pemimpin serta tokoh sukses lulusan pesantren," kata Rano Karno saat bersilaturahmi dan ziarah ke makam KH. Buya Zayadi di lingkungan Ponpes Az-Ziyadah, Klender, Duren Sawit Jakarta, Jumat.

Terlebih, lanjut dia, keberadaan pesantren sangat membantu dalam memberikan pendidikan yang lengkap bagi anak-anak, termasuk dalam upaya pembentukan mental.

"Jadi, alhamdulillah, tadi liat di sini masih ada pramuka. Karena kemarin, sempat pramuka ramai,  mau tidak diwajibkan. Jadi, artinya alhamdulillah, ternyata di sini namanya pramuka masih (berjalan) benar," ujarnya.

Baca juga: Paslon gubernur dan wagub diingatkan tak umbar isu SARA

Menurut dia, pesantren merupakan fondasi dari sebuah pembangunan paling dasar.

"Artinya, jangan lupa selain kita pembangunan fisik, pembangunan manusianya itu lebih penting," ujarnya.

Terkait ziarah ke makam KH. Buya Zayadi, Bang Doel mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan tradisi Betawi. Terlebih, KH Buya Zayadi merupakan sesepuh sekaligus tokoh Betawi yang dihormati.

"Ya, sekalian ziarah ke beberapa makam, ya saya sebut, tradisi Betawi seperti ini. Pokoknya Jumat ini saya mau Jumat berkah. Berkah kunjungan, dapat berkah," ujarnya.

Baca juga: Kun Wardana janjikan warga Jakarta bisa bekerja dengan layak

Sebelum berkunjung ke Ponpes Az-Ziyadah, Bang Doel pun menyempatkan diri shalat Jumat berjamaah di Masjid Jami' Nurussalam, Buaran, Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Ini kebetulan daerah sini, banyak saudara juga. Bang, Jumatan dong di kampung gue di Buaran. Nah, udah kalau emang begitu, ya kita harus kunjungin," ucapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan ketiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta telah memenuhi syarat administratif untuk maju di Pilkada 2024. 

Ketiga paslon tersebut adalah Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel), Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun).

Baca juga: KPU DKI Jakarta ajak masyarakat tak golput

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024