Perusahaan tidak hanya melakukan pembinaan secara masif namun juga penguatan dari sisi pemberdayaan dengan lebih optimal
Surabaya (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mendukung pengembangan daya saing dan kualitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), salah satunya dengan melibatkan mereka dalam seluruh kegiatan dalam menyambut HUT Ke-47 Perusahaan.

VP Komunikasi Korporat Pupuk Kaltim Anggono Wijaya menyatakan, pelibatan UMKM ini sebagai wujud kesinambungan kontribusi Pupuk Kaltim dalam meningkatkan peluang pelaku usaha agar semakin tumbuh dan berkembang.

“Perusahaan tidak hanya melakukan pembinaan secara masif namun juga penguatan dari sisi pemberdayaan dengan lebih optimal,” katanya di Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

Anggono menuturkan, kegiatan Gebyar Korsa yang diselenggarakan untuk menyambut HUT Ke-47 tahun Pupuk Kaltim mulai bulan ini hingga November tersebut dapat menjadi sarana bagi UMKM mengenalkan hingga menjual produk ke konsumen.

Untuk teknis, Pupuk Kaltim menggandeng Komunitas Digital Borneo (Borneos.co) dalam menghimpun dan melakukan kurasiterhadap seluruh produk yang akan berpartisipasi.

Pupuk Kaltim pun tidak membatasi kepesertaan UMKM hanya mitra binaan perusahaan namun juga terbuka bagi pelaku usaha kecil di Bontang secara umum agar dapat mewujudkan pengembangan usaha secara berkelanjutan.

Menurut Anggono, dukungan terhadap sektor UMKM perlu dilakukan karena memiliki potensi besar terhadap perekonomian Indonesia termasuk karena mampu menyerap tenaga kerja.

Pimpinan Komunitas Digital Borneo Kahar Muzakir menyambut positif pelibatan UMKM lokal pada berbagai agenda Gebyar Korsa Pupuk Kaltim lantaran sekaligus memajukan masyarakat yang sejahtera dan mandiri.

Kahar mengatakan Borneos.co sebagai marketplace UMKM lokal Bontang juga dibina Pupuk Kaltim sehingga bertumbuh dalam memfasilitasi para pelaku usaha untuk mempromosikan serta menjual produk maupun jasa yang ditawarkan.

Saat ini sudah terdaftar sebanyak 80 lebih pelaku UMKM di Kota Bontang yaitu mencakup mitra binaan Pupuk Kaltim hingga pelaku usaha secara umum baik dari sektor makanan dan minuman maupun bidang jasa serta lainnya.

Salah satu pelaku UMKM Febri Aji Saputra mengapresiasi langkah Pupuk Kaltim yang memberikan ruang bagi usaha kecil di Kota Bontang untuk terus tumbuh dan berkembang dengan pemberdayaan melalui partisipasi dalam agenda perusahaan.

"Kami siap mendukung setiap rangkaian HUT Pupuk Kaltim tahun ini agar UMKM turut merasakan manfaat langsung selain pembinaan yang selama ini berjalan," ujar Aji.

Baca juga: Pupuk Kaltim: Program demplot upaya jaga ketahanan pangan nasional
Baca juga: Pupuk Kaltim majukan pendidikan dan atasi stunting buat anak Indonesia

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024