IKN (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), melepaskan ratusan burung hingga ikan di Embung MBH, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat.

Kegiatan itu dilakukan di sela kunjungan Ibu Negara bersama para anggota OASE KIM meninjau Embung MBH di IKN.

Berdasarkan siaran pers yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden di IKN, Jumat, Ibu Negara dan anggota OASE KIM melepas sekitar 300 ekor burung yang terdiri dari burung kutilang (pycnonotus aurigaster), tekukur (spilopelia chinensis), terucuk (pycnonotus goiavier), dan jalak kebo (acridotheres javanica).

Setelah melakukan pelepasan burung, Ibu Negara dan anggota OASE KIM melakukan pelepasan 350 benih ikan nila merah.

Pelepasan burung dan benih ikan di embung tersebut diharapkan dapat menjaga ekosistem alam di kawasan IKN agar tetap terawat dengan baik.

Selain itu, Ibu Iriana juga melakukan penanaman pohon Pule (alstonia scholaris) di sisi embung untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan dan memperbaiki kondisi ekosistem di sekitar embung.

Hadir sebagai pemandu peninjauan tersebut yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Basuki menyampaikan bahwa embung tersebut bermanfaat untuk konservasi air di kawasan IKN.

“Ini kapasitasnya 66 ribu meter kubik kedalaman 5-6 meter, gunanya adalah untuk konservasi air jadi ini semua air-air hujan yang ada di sekitar sini, ini semua ditampung di embung-embung,” tutur Basuki.

Baca juga: Ibu Negara ajak masyarakat olah sampah rumah tangga jadi kompos
Baca juga: Iriana lepas benih ikan gabus saat kunjungi Bendungan Sepaku Semoi

Baca juga: Ibu Negara ingatkan generasi muda pahami bahaya narkotika
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024