Banda Aceh (ANTARA) - Judoka asal Bali I Gede Ganding Kalbu Soethama menjadikan pencapaian medali emas pada PON XXI Aceh Sumatera Utara sebagai modal kuat apabila terpilih untuk berlaga di ajang SEA Games 2025 di Bangkok, Thailand.

"Jika dipanggil Pelatnas, saya akan wakili Indonesia di SEA Games Thailand tahun depan," kata I Gede Gading Kalbu Soethama di Banda Aceh, Jumat.

Atlet kelahiran Denpasar 28 tahun lalu itu mengaku masuk SEA Games 2025 merupakan target jangka pendeknya.

Untuk itu, ia tidak ingin kendor dan terus melakukan latihan intensif untuk menjaga kebugaran fisik.

Cara itu dilakukan sebagai kesiapan jika dipanggil ke pemusatan latihan nasional sebagai target pribadinya untuk membela Indonesia di kancah kompetisi olahraga regional Asia Tenggara itu.

Baca juga: Judo - Bali raih emas nomor Juno No Kata

Gading memiliki catatan yang positif di PON setidaknya tiga kali berturut-turut menyumbangkan medali untuk Provinsi Bali.

Pada PON XIX di Jawa Barat pada 2016, ia mempersembahkan medali perak saat pertama kali tampil pada ajang olahraga terbesar nasional itu.

Kemudian pada PON XX di Papua, ia menyabet medali emas setelah mengalahkan lawannya dari Jawa Barat dan pada PON XXI di Wilayah Aceh, ia mempersembahkan medali emas untuk Bali setelah menumbangkan lawannya dari Jawa Timur, Yohanes Kristopel.

"Di Aceh saya final lawan Jawa Timur jadi lumayan beda dari gaya bertarung dan strateginya ketika berlaga di Papua lalu," ucapnya.

Ia mengaku bersyukur dapat memberikan medali kepada Bali setelah berlatih keras selama sekitar dua bulan pemusatan latihan di Pulau Dewata.

Sementara itu, perolehan medali kontingen Bali per Jumat (13/9) sudah mencapai total 55 medali yang terdiri dari 15 medali emas, 15 medali perak dan 25 perunggu.

Perolehan medali itu menempatkan Bali pada posisi kedelapan klasemen sementara hingga pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Judoka Bali Gede Ganding pertahankan medali emas -100 kg putra

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024