Match Arc menyediakan kesempatan startup menghadapi tantangan bisnis melalui solusi berbasis teknologi terbaru, seperti kecerdasan buatan
Jakarta (ANTARA) - BNI Ventures, anak usaha PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BNI) yang bergerak di industri modal ventura, menyelenggarakan platform business matchmaking bernama Match Arc untuk menjembatani perusahaan rintisan (startup) dengan perbankan.

Kegiatan itu digelar dengan turut menggandeng BLOCK71 dan Innovation Factory.

CEO BNI Ventures Eddi Danusaputro dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan kegiatan Match Arc bertujuan untuk menghubungkan startup dengan unit kerja dan anak perusahaan di bawah naungan BNI Group, memperkuat kolaborasi antara dunia perbankan dan teknologi.

Acara itu disebut tidak hanya membuka peluang kerja sama antara startup dan korporasi, tetapi juga menciptakan ruang bagi inovasi dan sinergi yang lebih luas di era digital.

Baca juga: BNI Ventures hadirkan BNV Arcade untuk memperkuat ekosistem startup

“Match Arc menyediakan kesempatan bagi startup untuk menghadapi tantangan bisnis melalui solusi berbasis teknologi terbaru, seperti kecerdasan buatan (AI), manajemen kekayaan (wealth management), hingga jejak karbon (carbon footprint),” jelas Eddi.

Format acara Match Arch dibuat interaktif agar peserta dapat dengan mudah mengidentifikasi sinergi dan peluang kolaborasi.

Match Arc telah memfasilitasi lebih dari 94 sesi business matchmaking. Kolaborasi ini memungkinkan BNI untuk mengeksplorasi peluang kemitraan strategis antara kebutuhan perbankan dengan solusi inovatif dari startup.

Sebagai informasi, BLOCK71 merupakan ecosystem builder dan global connector yang menghubungkan para pelaku startup agar mendapat akses pasar internasional, sekaligus mendukung inovasi dan pengembangan kewirausahaan di Indonesia dan Singapura.

Melalui BLOCK71, startup lokal memiliki peluang untuk masuk ke pasar internasional. Sebaliknya, startup dari luar negeri juga berpotensi masuk ke pasar lokal. Dari 23 startup yang mengisi BLOCK71 Jakarta, sebagiannya berasal dari Singapura.

Sedangkan Innovation Factory berfokus pada program Skala, yang menghubungkan startup dengan investor untuk meningkatkan skala bisnis mereka.

Baca juga: BNI dan IKA Trisakti berkolaborasi perluas ekosistem keuangan kampus

Baca juga: BNI bekerja sama dengan Amartha untuk pembiayaan UMKM


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024