Moskow (ANTARA) - Rusia pada Jumat (13/9) mencabut akreditasi enam diplomat Inggris di Moskow atas tuduhan spionase, demikian diumumkan Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB). 

FSB melalui pernyataan mengatakan pihaknya memperoleh dokumen, yang mengonfirmasi bahwa Direktorat Eropa Timur dan Asia Tengah dari kementerian luar negeri Inggris menjadikan tugas utamanya untuk "menyebabkan kekalahan strategis" pada Rusia.

FSB menyebutkan bahwa setelah dimulainya "operasi militer khusus" Rusia di Ukraina pada 2022, direktorat tersebut diubah menjadi "layanan khusus" yang bergerak untuk merugikan Rusia.

"Sebagai tanggapan atas langkah tidak bersahabat oleh London,  Kementerian Luar Negeri Rusia ... mencabut akreditasi enam pegawai departemen politik Kedutaan Inggris di Moskow, yang ditemukan melakukan kegiatan intelijen dan subversif," bunyi pernyataan itu. 

FSB memperingatkan akan adanya tindakan lebih lanjut jika aktivitas serupa dari pegawai misi diplomatik Inggris terungkap.

Pencabutan akreditasi berarti para diplomat tersebut tidak lagi memiliki dasar resmi untuk tetap berada di Rusia. dan mereka harus meninggalkan negara tersebut.


Sumber: Anadolu

Baca juga: Rusia usir sembilan diplomat Finlandia si anggota baru NATO

Baca juga: Rusia usir empat pegawai Kedubes Austria sebagai langkah balasan


 

Rusia cegat dan hancurkan 144 pesawat nirawak Ukraina di 9 wilayah

 

Penerjemah: Primayanti
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024