Jakarta (ANTARA) -
Kehidupan sosial yang semakin dinamis serta perkembangan teknologi digital membuat aplikasi kencan online semakin diminati di Indonesia. Banyaknya aplikasi yang menawarkan pengalaman mencari pasangan menjadikan masyarakat lebih mudah untuk berinteraksi dan membangun hubungan baru.

Beberapa aplikasi kencan populer di Indonesia, seperti Tinder, Bumble, Tantan, Omi, dan Litmatch, digunakan oleh remaja dan orang dewasa untuk mencari pasangan. Masing-masing menawarkan fitur unik yang memudahkan interaksi sesuai preferensi pengguna.

Survei Forbes Health menunjukkan bahwa hampir setengah Gen Z menggunakan aplikasi kencan untuk mencari hubungan jangka panjang, dengan 52 persen fokus pada tujuan tersebut. Milenial menyusul dengan 49 persen, diikuti oleh Generasi X dan baby boomer masing-masing 47 persen.

Dengan banyaknya aplikasi yang menawarkan pengalaman dalam mencari pasangan. Berikut merupakan lima aplikasi kencan terbaik dan terpopuler di Indonesia saat ini, diantaranya:
 
1. Tinder

Sebagai pionir aplikasi kencan, Tinder tetap menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna di Indonesia. Dengan fitur swipe-nya yang mudah digunakan, Tinder memungkinkan pengguna memilih pasangan potensial berdasarkan lokasi, minat, dan penampilan.

Popularitasnya tak tergoyahkan karena basis pengguna yang sangat luas dari berbagai kalangan umur dan juga aplikasi ini mendukung berbagai fitur premium seperti "Super Like" dan "Boost".

2. Bumble

Bumble menjadi salah satu aplikasi kencan yang menawarkan konsep unik dengan memberikan wanita kendali untuk memulai percakapan terlebih dahulu, menarik perhatian pengguna yang menginginkan pengalaman kencan lebih aman dan inklusif.

Selain itu, Bumble menghadirkan fitur "Bumble BFF" dan "Bumble Bizz" untuk mencari teman atau koneksi profesional di area sekitar.

3. Tantan

Aplikasi Tantan asal China ini cukup populer di kalangan muda di Indonesia. Dengan antarmuka sederhana dan fitur mirip Tinder, Tantan mempermudah pengguna bertemu orang baru berdasarkan minat yang sama.

Selain itu, Tantan menawarkan fitur seperti "Ice Breakers" untuk memulai percakapan dan algoritma yang fokus pada kecocokan minat, ideal bagi yang mencari pasangan dengan hobi serupa.

4. Omi

Aplikasi kencan ini populer dengan fitur seperti kuis kencan dan voice chat (telepath). Seperti Boo, OMI juga menggunakan tes psikologi untuk mencocokkan pengguna. Untuk menemukan pasangan, pengguna tinggal swipe kanan untuk menyetujui, swipe kiri untuk menolak, dan tekan tombol like untuk menyukai profil.

Beberapa fitur OMI, seperti melihat siapa yang menyukai profil Anda, memerlukan langganan premium atau supreme. Akun premium atau supreme memberikan manfaat tambahan seperti bebas swipe, akses melihat profil yang menyukai, dan berbagai booster.

5. Litmacth

Litmatch menjadi aplikasi kencan dan pertemanan yang inovatif dengan tiga cara komunikasi: Soul Game untuk pesan teks, Voice Game untuk panggilan suara, dan Party Chat untuk memperluas jaringan.

Fitur Feed juga memungkinkan pengguna berbagi dan melihat momen dari calon pasangan serta pengguna lainnya.

Semua aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, baik untuk sekadar mencari teman atau membangun hubungan yang lebih serius. Pengguna diimbau untuk tetap berhati-hati dan bijak dalam menggunakan aplikasi kencan online guna menjaga keamanan dan privasi.

Baca juga: Macam-macam aplikasi kencan dan link download-nya

Baca juga: Bumble akan memanfaatkan AI untuk dukung interaksi pengguna

Baca juga: Kiat sukses cari jodoh di Hari Valentine lewat aplikasi

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024