Berdasarkan jenisnya, mayoritas realisasi penerimaan pajak utama tumbuh positif dibandingkan tahun sebelumnya
Jakarta (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Pusat mencatat realisasi penerimaan pajak neto (bersih)  periode 1 Januari sampai dengan 31 Agustus 2024 mencapai Rp62,58 triliun.
 
Realisasi tersebut mencapai 60,55 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 yang ditetapkan Rp102,41 triliun.

Baca juga: Konsultan pajak bentuk kepengurusan tingkat pusat
 
"Kinerja penerimaan neto ditopang dari penerimaan Pengawasan Pembayaran Masa (PPM) sebesar Rp60,01 triliun yang berkontribusi 95,91 persen dari total penerimaan (capaian 63,41 persen dari target)," kata Kepala Kanwil DJP Jakpus Eddi Wahyudi di Jakarta, Jumat.
 
Eddi menyebut penerimaan Pengawasan Kepatuhan Material (PKM) sebesar Rp2,56 triliun yang berkontribusi 4,09 persen dari total penerimaan dengan capaian 29,38 persen dari target.
 
Berdasarkan jenisnya, mayoritas realisasi penerimaan pajak utama tumbuh positif dibandingkan tahun sebelumnya, di antaranya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Dalam Negeri (positif 14,3 persen yoy), PPh Pasal 21 (positif 18,3 persen yoy), dan PPN Impor (positif 1,4 persen yoy).

Baca juga: Jaksel pasang stiker di lokasi penunggak pajak
 
Dari sisi sektoral, mayoritas sektor usaha dominan tumbuh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, di antaranya Administrasi Pemerintahan (positif 26,6 persen yoy), Jasa Perusahaan (positif 17,9 persen yoy), dan Transportasi dan Pergudangan (positif 4,3 persen yoy).
 
Dari sisi subsektor, mayoritas subsektor usaha dominan tumbuh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, di antaranya Administrasi Pemerintahan (positif 26,6 persen yoy), Perdagangan Eceran (positif 2,6 persen yoy), dan Jasa Keuangan (positif 2,7 persen yoy).
 
"Melihat realisasi penerimaan hingga saat ini, kita optimis bisa memenuhi target penerimaan di tahun 2024 ini dengan dukungan dari pembayar pajak," ucap Eddi.

Baca juga: Kantor pajak se-Tanah Abang gelar pengembangan bisnis libatkan UMKM

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024