Kami ingin entrepreneurship ini bisa masuk ke arah social entrepreneurship.Jadi bukan hanya keuntungan atau profit semata-mata untuk diri mereka tetapi profit itu bisa dibagi bersama berdasarkan konsep gotong royong
Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen di Pilkada Jakarta 2024 Kun Wardana Abyoto menjanjikan warga Jakarta bisa bekerja dengan layak apapun jenis dan status pekerjaan mereka.

"Kami nanti menjamin kerja layak bagi seluruh pekerja. Pekerja formal, pekerja kontrak ataupun orang-orang yang bekerja di kemitraan kan mereka jumlahnya cukup banyak. Kami perlu menjamin kehidupan mereka agar dapat hidup layak," kata dia di Jakarta, Jumat.

Baca juga: KPU DKI Jakarta ajak masyarakat tak lakukan golput

Hal ini, sambung Kun, karena sesuai dengan visi dan misinya bersama Calon Gubernur DKI Dharma Pongrekun yakni membangun manusia yang hidup bahagia.

"Tentunya dia harus aman dalam bekerja, nyaman dalam bekerja, dan juga layak dalam bekerja. Mayoritas masyarakat Jakarta adalah pekerja," kata dia.

Baca juga: KPU: Seluruh pasangan cagub-cawagub Jakarta penuhi syarat administrasi

Kun lalu menuturkan demi warga Jakarta bisa bekerja dengan layak, ditambah nyaman, maka upah yang layak menjadi hal penting. Menurut dia, upah yang layak bagi pekerja harus dihitung secara cermat.

"Setiap pengeluaran yang ada, kalau ternyata dengan upah yang ada ini ditambah potongan, dia tidak bisa mencapai kehidupan layak minimum, maka sebetulnya belum dikatakan bekerja secara layak," jelas dia.

Kun lalu menyoroti masih adanya kesenjangan di masyarakat Jakarta khususnya wilayah utara. Oleh karena itu, dia dan Dharma, mengatakan perlunya memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sekaligus membentuk jiwa kewirausahaan (entrepreneur) dalam diri mereka.

Baca juga: Serikat Mahasiswa Betawi dorong partisipasi publik di Pilkada Jakarta

"Kami ingin entrepreneurship ini bisa masuk ke arah social entrepreneurship.Jadi bukan hanya keuntungan atau profit semata-mata untuk diri mereka tetapi profit itu bisa dibagi bersama berdasarkan konsep gotong royong," ujar dia.

Pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana menjadi pasangan calon ketiga yang mendaftar di KPU Provinsi DKI Jakarta setelah pasangan Pramono Anung-Rano Karno dan pasangan Ridwan Kamil-Suswono.

Pasangan ini membawa program "Selamatkan Jiwa" pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024 untuk memastikan pemerataan kesejahteraan rakyat.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024