Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Golf Indonesia (PGI) Japto Soelistyo Soerjosumarno mengapresiasi pertandingan golf pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 di Royal Sumatra Golf Course, Medan, Sumatera Utara berjalan lancar.

Hingga hari kedua penyelenggaraan pertandingan, ia menilai tidak ada keluhan dari peserta, baik atlet maupun pimpinan kontingen.

"Semuanya, baik peserta pria maupun wanitanya, cukup puas. Artinya akomodasinya beres, makanan juga enak, lapangannya bagus," ujar Japto saat ditemui di Royal Sumatra Golf Course, Medan, Sumatera Utara, Jumat.

Menurut dia, berbagai kondisi tersebut menunjang aktivitas para peserta sehingga tidak mengganggu konsentrasi maupun fokus atlet saat bertanding.

Dirinya berpendapat dalam PON kali ini sudah semakin banyak pemain golf amatir yang bertanding seperti pegolf profesional.

Hal tersebut terlihat dari hasil permainan yang sudah banyak mencatat pukulan under (di bawah) par (pukulan maksimal yang harus dipenuhi dalam satu ronde) pada ronde pertama nomor perorangan putra yang berlangsung Kamis (12/9).

Adapun jumlah par yang ditetapkan kali ini sebanyak 72 dengan 18 hole. Pada ronde pertama, Gabriel Hansel Hari (DKI Jakarta) dan Asa Najib Bhakti (Sumatera Utara) masing-masing mencatatkan 69 pukulan atau tiga under par, Mochtar (Kalimantan Timur) mencatat 70 pukulan atau dua under par, serta Rifqi Alam Ramadhan (DKI Jakarta) mencatat 71 pukulan atau satu under par.

Untuk itu, Japto menuturkan dengan adanya berbagai pertandingan golf seperti dalam PON, akan semakin banyak atlet yang bisa memiliki nama karena telah menunjukkan prestasinya.

Baca juga: Golf - Lima atlet SEA Games "turun gunung" ke PON

"Jadi dengan bisa mencatatkan under par, itu sebenarnya sudah prestasi untuk kelas amatir karena sebenarnya itu kelasnya pemain pro," ujarnya.

Pertandingan golf PON 2024 dengan nomor perorangan putra dan perorangan putri digelar selama tiga hari, yakni 12-14 September.

Selain kedua nomor pertandingan tersebut, terdapat pertandingan enam nomor lainnya yang digelar dalam perlombaan golf pada PON kali ini, yaitu perorangan putri, beregu putra, beregu putri, foursome (berempat) putra, foursome putri, dan campuran (mix) foursome.

Pertandingan nomor beregu putra dan beregu putri akan digelar pada 15-16 September, sedangkan pertandingan nomor foursome putra, foursome putri, dan mix foursome akan digelar pada 17-18 September.

Dari tujuh nomor pertandingan tersebut, para atlet golf yang berasal dari 23 provinsi itu akan memperebutkan masing-masing tujuh medali emas, perak, dan perunggu.

Baca juga: Elaine Widjaja mundur dari pertandingan golf
Baca juga: Golf - Jakarta pimpin klasemen sementara nomor perorangan putri


Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024