Untuk Ternate-Jailolo pp kami tidak izinkan berlayar, karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan adanya aktivitas pelayaran akibat gelombang tinggi di perairan tersebut
Ternate (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara , menutup seluruh aktivitas pelayaran speed boat rute (kapal cepat) Kota Ternate – Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), karena kondisi cuaca yang sangat membahayakan keselamatan penumpang.

"Untuk Ternate-Jailolo pp kami tidak izinkan berlayar, karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan adanya aktivitas pelayaran akibat gelombang tinggi di perairan tersebut," kata Kepala Seksi Keselamatan Berlayar dan Patroli KSOP Kelas II Ternate, Sugandi kepada ANTARA, Jumat.

KSOP menutup aktivitas pelayaran itu karena adanya laporan BMKG setempat terkait tinggi gelombang berpeluang 2,5 meter di perairan antara Ternate dan Jailolo tersebut.

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang 2,5 meter di Maluku Utara hingga 17 September

Bahkan dari laporan BMKG, gelombang tinggi juga terjadi penyeberangan Ternate - Loloda, penyeberangan Ternate - Morotai, penyeberangan Ternate - Sofifi, penyeberangan Ternate - Sidangoli, penyeberangan Ternate — Jalolo, penyeberangan Ternate — Batang Dua-Bitung, dan penyeberangan Ternate -Bacan - Obi - Sanana

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate memprediksi gelombang tinggi di perairan itu hingga 15 September 2024.

Baca juga: KSOP Ternate lakukan sistem pelayaran buka-tutup hadapi cuaca ekstrem

Menurut Sugandi, cuaca di wilayah Maluku Utara dan perairan Ternate alami gelombang tinggi, terutama pada pagi hingga sore, seiring terjadi angin kencang. Akan tetapi, untuk pelayaran Ternate-Sofifi-Tidore diberlakukan buka-tutup berdasarkan kondisi cuaca yang terjadi di lapangan.

Untuk wilayah pelayaran rute Ternate-Halmahera Selatan maupun Ternate-Morotai yang menggunakan kapal berukuran besar, kata dia, masih diberikan izin untuk berlayar karena masih adanya tempat bagi setiap kapal untuk berlindung.

Begitu pula, kapal berukuran besar untuk rute Ternate-Bitung maupun Ternate-Manado masih diberikan izin berlayar, tetapi petugas terus mengikuti perkembangan cuaca. Kalaupun tidak memungkinkan untuk berlayar, kata dia, petugas akan menutup aktivitas pelayaran melalui rute tersebut.

Baca juga: BMKG prakirakan potensi hujan di sejumlah kota di Tanah Air

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024