Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video viral di media sosial seperti Instagram dan X menampilkan ban truk yang menggelinding dengan kencang menghantam sebuah sepeda motor.

Akibatnya sang pengemudi terlempar dan sepeda motornya pun hancur. Hal itu terekam jelas oleh kamera dari pengendara mobil. 

Banyak warganet mempertanyakan dimana lokasi kejadian tersebut. Beberapa netizen menjawab kejadian tersebut terjadi di Bekasi atau Jakarta dengan asumsi banyaknya truk bermuatan di jalan raya tersebut. Namun, benarkah kejadian tersebut terjadi di Indonesia?
 

Unggahan yang menarasikan video motor hancur karena ban truk terjadi di Bekasi. Faktanya, video tersebut terjadi di Malaysia. (X)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut serupa dengan video di laman New York Post yang berjudul “Runaway tire smashes motorcycle into pieces, but rider miraculously survivest”.

Dalam video tersebut dideskripsikan di sebuah jalan raya di Kuala Lumpur, Malaysia. Sebuah ban yang berasal dari truk besar menggelinding dan menimpa serta menghancurkan sepeda motor. Secara ajaib, pengendara sepeda motor berusia 55 tahun itu selamat dari kecelakaan yang terjadi pada 23 Agustus. 

Dengan demikian, video sepeda motor hancur tersebut tidak terjadi di Indonesia, melainkan di Malaysia.

Cek fakta: Cek fakta, video Gibran Rakabuming melantunkan adzan ke bayi

Cek fakta: Disinformasi! Video PDIP usung Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2024

Baca juga: Antasena ITS siap rancang sepeda motor hidrogen

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024