Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember menyediakan sebanyak 31.456 tempat duduk selama libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Jumlah tersebut merupakan total tempat duduk untuk kereta api keberangkatan dari Daop 9 Jember selama empat hari mulai 13-16 September 2024, dengan kapasitas yang tersedia setiap harinya sebanyak 7.864 tempat duduk," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro di kabupaten setempat, Jumat.

Menurutnya sebanyak 33.443 tiket sudah terjual untuk keberangkatan selama empat hari libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW karena masyarakat sudah memesannya jauh-jauh hari untuk bepergian menuju sejumlah daerah selama liburan.

"Jumlah penumpang yang berangkat pada hari Jumat ini sebanyak 8.612 orang dan tiket yang tersedia selama empat hari libur panjang masih tersedia 2.044 tiket," tuturnya.

Ia menjelaskan KAI Daop 9 Jember mengoperasikan 22 perjalanan kereta api, yang meliputi KA Mutiara Timur, KA Ranggajati, KA Wijayakusuma, KA Blambangan Ekspres, KA Logawa, KA Pandalungan, KA Sritanjung, KA Tawangalun, KA Probowangi dan KA Pandanwangi.

"Tiket yang sudah habis terjual yakni KA Sritanjung relasi Ketapang – Lempuyangan, KA Tawangalun relasi Ketapang – Malang dan KA Probowangi relasi Ketapang – Surabaya Gubeng, KA Blambangan Ekspres dan KA Pandalungan dari wilayah Daop 9 menuju Jakarta," katanya.

Kendati demikian, lanjut dia, masih ada 2.044 tiket yang tersedia selama empat hari libur panjang tersebut yang terdapat pada rangkaian KA Logawa tujuan Purwokerto, KA Mutiara Timur tujuan Surabaya, serta KA Ranggajati tujuan Cirebon, tapi tiket yang tersedia hanya pada beberapa tanggal keberangkatan.

Cahyo mengimbau para penumpang untuk merencanakan perjalanan dengan memesan tiket kereta api jauh-jauh hari, sehingga dapat memilih kereta api dan tanggal keberangkatan yang diinginkan.

"Bagi masyarakat yang kehabisan tiket kereta pada tanggal keberangkatan maupun KA yang diinginkan, maka dapat menggunakan kereta yang lain atau memanfaatkan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI," ujarnya.

Baca juga: KAI Daop 8 operasikan empat KA tambahan sambut libur Maulid Nabi

Baca juga: KAI Semarang siapkan 31 KA untuk layani libur panjang Maulid Nabi

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024